LATIHAN UJIAN NASIONAL 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP
I. PILIH
JAWABAN YANG PALING BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF a, b, c
ATAU d DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!
Bacalah
teks berikut ,kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 4!
Pantang Menyerah untuk Sekolah
Karya Andhik Prastiarto
(1)Danu adalah
anak dari orang yang kurang mampu,
ibunya meninggal saat Danu berumur 2 tahun. Sepeninggal ibunya, keluarganya
menjadi berantakan , ayah Danu mempunyai banyak hutang kepada rentenir untuk mencukupi keluarganya, uang hasil kerja
sebagai penyapu jalanan saja tidak cukup untuk menghidupi keluarganya.
(2) Suatu ketika, Danu
diberi surat dari Pak Dadang, guru Danu, Surat itu ia berikan kepada ayahnya,
ternyata isi surat tersebut adalah Danu diminta untuk membayar uang sekolah
yang sudah menunggak selama 4 bulan. Danu berfikir apakah ia bisa melanjut-kan
sekolah atau tidak.
(3) Danu sudah 3 hari
tidak masuk sekolah,ia berusaha mencari uang bersama ayahnya untuk membiayai
sekolahnya. Pada sore hari Pak Iman guru sekolahnya Danu datang ke rumahnya
Danu. Pak Iman bertanya kepada Danu kenapa sudah tidak masuk sekolah selama 5
hari, Danu berterus terang bahwa ia mencari uang bersama ayahnya untuk
membiayai sekolahnya. Cukup lama ia
mereka berbincang-bincang, tidak lama kemudian Pak Iman berkata kepada Danu
untuk terus masuk sekolah, dan Pak Iman akan membiayai sekolah Danu.
(4) Tiga minggu
kemudian hasil Ujian Nasional diumumkan, Danu sangat gembira dengan nilai cukup
bagus, yaitu: BI (9,2), Mat (9), IPA (9,6) dan Pak Iman mengumum-kan siapa yang
mendapat beasiswa masuk SMP Harapan Bangsa. Danu pun mendapatkan beasiswa
tersebut. Danu sangat gembira dan berterima kasih kepada semua gurunya dan
ayahnya yang telah membantunya dalam belajar.
(5)
Akhirnya Danu terus melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu
SMP, ia akan belajar dengan
sungguh-sungguh supaya berhasil untuk meraih cita-cita nya, yaitu seorang guru.
1.
Makna kata yang dicetak tebal pada teks
tersebut adalah …
A. Orang
yang memberikan santunan kepada orang miskin.
B. Orang
yang mencari nafkah dengan membungakan uang.
C. Orang
yang pekerjaannya di bidang sosial kemasyarakatan.
D. Orang
yang pekerjaannya
menagih hutang kepad orang lain.
2. Makna
tersurat yang terdapat dalam teks (3)tersebut adalah...
A. Danu
dapat bantuan untuk membayar uang
sekolahnya
B. Danu
dan orang tuanya dipanggil untuk menghadap kepala sekolah
C. Pihak
sekolah memberikan bantuan kepada Danu
D. Pihak
sekolah menagih uang bayaran
sekolah.
3. Bagian
pengenalan pada kutipan teks tersebut ditandai dengan nomor...
A. (1) C.(3)
B. (2) D.(4)
Bacalah teks berikut
kemudian kerjakan soal nomor 5 s.d 8!
... Pada hari berikutnya, Pak Kijang
bertemu dengan Pak Kerbau, mereka menceritakan
kejadian yang telah mereka alami kemarin. Selagi mereka asyik membahas
masalah yang menimpa keluarga mereka yang sudah pasti disebabkan oleh si nakal
Kelinci, tiba-tiba terdengar lah suara teriakan si Kelinci Singa. Pak Singa
ngamuk! Tolong,tolooong, toloooong ...!!, “ tapi tidak ada yang peduli, “Ah,
paling-paling Si Kelinci lagi-lagi membohongin kita” pikir mereka sambil
tertawa melihat si Kelinci.
Dengan sekuat tenaga si Kelinci
melompat-lompat lari seribu langkah menghindari kejaran maut dari Pak Singa, tapi
apalah daya, Pak Singa pasti selalu lebih cepat larinya.
4.
Makna simbol pada kata yang dicetak
tebal pada teks tersebut adalah...
A. lari
dengan rasa gembira C.
lari dengan kecepatan tinggi
B. lari
untuk meraih sesuatu D.
lari sejumlah seribu langkah
5.
Isi tersirat teks tersebut adalah...
A. hidup
rukun dengan sesama dan saling menolong
B. kita
harus hidup jujur supaya dipercaya orang lain
C. bila
memberikan sesuatu jangan harap imbalan
D. bekerja
dengan sekuat tenaga demi keluarga
6. Sebab
terjadinya konflik pada teks tersebut adalah...
A.
Kelinci tidak mau mendengar nasihat
teman-temannya.
B.
Kelinci selalu mengganggu hewan-hewan
yang lain.
C.
Pak Singa memberikan hukuman kepada
kancil yang nakal.
D.
Pak Singa tidak terima dituduh
mencelakai kelinci.
7. Akibat
konflik pada teks tersebut adalah...
A. Pak
Kijang dikucilkan oleh hewan lainnya.
B. Pak
Kerbau merasa ditipu oleh keluarga Pak Kijang.
C. Si
Kelinci tidak dipercaya lagi oelh hewan
yang lain.
D. Kelinci
memaaafkan perbuatan Pak Kijang.
Bacalah
kedua teks cerpen berikut, kemudian kerjakan soal nomor 9 dan 10!
Teks I
|
Teks 2
|
Di padang rumput yang indah dan damai, hiduplah seekor kelinci yang
sangat nakal, setiap hari kerjanya hanya mengusili penghuni padang rumput.
Pada suatu hari, Si Kelinci bertemu dengan Pak Kijang. Dalam hati,
Kelinci berpikir “Saya kerjain saja
Pak Kijang, tapi bagaimana ya?” Si Kleinci berpikir sangat keras dan
tiba-tiba ada ide nakal sampai di kepalanya.”Saya pura-pura saja lari ke arah
Pak Kijang sambil berteriak,” Pak Singa ngamuk! Pak Singa ngamuk!”
He-he......
|
“Eh! Siapa takut! Berani-beraninya kau
mendekati aku!” ujar kupu-kupu. Lalat terdiam. “Kamu tuh nggak pantas
ya berteman denganku!” Kamu tuh hewan yang jijik! Tidak pantes
berteman dengan saya yang cantik! Tidak seperti kamu! Dari makanannnya saja
aku tentu yang lebih baik!”ujar kupu-kupu sombong. “ Aku ke sini hanya ingin
berteman dengan Kau! Kalau kamu tidak mau, ya sudah! Tidak perlu Kau
menghinaku!” ujar lalat yang hatinya tersakiti oleh kupu-kupu yang sombong
itu.
|
8. Perbedaan pola pengembangan kedua teks cerpen
tersebut diawali dengan...
|
Teks
1
|
Teks
2
|
A.
|
pengenalan
|
klimaks
|
B.
|
klimaks
|
pengenalan
|
C.
|
penyelesaian
|
peleraian
|
D.
|
peleraian
|
penyelesaian
|
9. Perbandingan
penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah...
|
Teks
1
|
Teks
2
|
A.
|
latar tempat
digambarkan terseirat
|
latar waktu
digambarkan terseirat
|
B.
|
menggambarkan fisik
tokoh
|
menggambarkan
kepribadian tokoh
|
C.
|
menggunakan kata
ganti
|
tidak menggunakan
kata ganti
|
D.
|
Menggunakan kata
sandang
|
tidak menggunakan
kata sandang
|
10. Perhatikan
data-data berikut!
|
Teks laporan sesuai dengan data
tersebut adalah...
A. Kegiatan
Jumat bersih dilakukan setiap hari Jumat. Mereka yang terlibat dalam kegiatan
ini digilir sesuai dengan jadwalnya. Misalnya, Jumat minggu pertama kelas VII.
Jumat minggu kedua kelas VIII, Jumat minggu ketiga kelas IX. Biasanya anak
laki-laki membersihkan di luar kelas, anak perempuan di dalam kelas.
B. Setiap
hari Jumat SMP Angsa Biru melakukan kegiatan “Jumat Bersih”. Setiap kelas
mendapat bagian atau lahan berbeda-beda. Ada yang membersihkan bagian taman
belakang, taman samping , sekitar
mushola, dan ada juga di sekitar kantin. Kegiatan ini bertujuan
membiasakan hidup bersih dan peduli lingkungan bersih.
C. Kegiatan
Jumat bersih sudah berlangsung enam
bulan. Hasilnya cukup memuaskan selain lingkungan sekolah selalu bersih juga menanamkan pembiasaan hidup bersih kepada warga sekolah.
Mereka yang di rumahnya tidak pernah menggerakkan sapu kini dibiasakan untuk
memanfaatkan sapu sesuai dengan fungsinya.
D. Hari
Jumat dimanfaatkan untuk melakukan bersih-bersih . Anak-anak dan guru-guru di
SMP Angsa Biru melakukannya dengan senang hati. Mereka saling membagi lahan
untuk dibersihkan. Ada yang membersihkan taman, tempat parkir, kantin dan
lain-lain. Anak perempuan menyapu dan mengepel, serta mengelap kaca kelas.
11. Perhatikan
kalimat berikut!
Tidur tidak nyenyak selama pada malam hari tidak
akan menimbulkan bahaya apa pun selagi
tubuh tetap dalam situasi bersitirahat.
Penggunaan kata yang tidak tepat pada
kalimat tersebut adalah...
A. Selama
dan situasi C.
selama dan menimbulkan
B. Selagi
dan sebagian D.
sebagian dan menimbulkan
12. Bacalah
teks berikut!
|
Kalimat tidak efektif ditandai
nomor...
A.
(1) dan (3) C. (2) dan (3)
B.
(1) dan (4) D. (2) dan (4)
13. Bacalah
teks berikut!
(1)Sejarah Sastra Jawa dimulai dengan sebuah prasasti
yang ditemukan di daerah Sukabumi. “ (2) Prasasti yang biasa disebut dengan
nama Prasasti Sukabumi ini bertarikh 25 Maret 804 Masehi. (3) Prasasti banyak
ditemukan di Pulau Jawa dan Sumatera. (4) Isinya ditulis dalam bahasa Jawa
Kuna. (5) Setelah Prasasti Sukabumi, ditemukan prasasti lainnya ditemukan tahun
856 M yang berisikan sebuah sajak yang disebut kakawin.
Kalimat yang tidak padu pada
paragrfa tersebut adalah...
A. (2) C.
(4)
B. (3) D.
(5)
14. Perhatikan
kalimat berikut
|
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut
adalah...
A.
injeksi C.
inkubasi
B.
infeksi D.
imunisasi
15.
|
Perhatikan kalimat berikut!
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat
tersebut adalah...
A.
memiliki C.
menguasai
B.
memakai D.
menghadiri
16. Perhatikan
kalimat berikut!
|
Kata ulang yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah...
A. turun-turun C.
turun-turunan
B. turun-temurun D.
temurun-temurun
17. Perhatikan
kalimat berikut!
|
Perbaikan kata bercetak miring pada
kalimat tersebut yang tepat adalah...
A. mengatasi C.
membatasi
B. mengobati D.
Mengurangi
18. Perhatikan
kalimat berikut!
|
Perbaikan
kalimat tersebut adalah...
A. Angka
kecukupan gizi anak berbeda di setiap kelompok usianya.
B. Kecukupan
gizi angkanya berbeda setiap anak dalam kelompoknya berbeda.
C. Angka
kecukupan gizi anak dalam setiap kelompok usianya berbeda.
D. Kecukupan
gizi anak angkanya berbeda setiap anak dalam kelompok usianya.
19. Bacalah
teks berikut!
(1)Bahasa Jawa
pertama-tama ditulis dalam aksara turunan aksara Palawa yang berasal dari India
Selatan.(2) Ini aksara yang merupakan cikal bakal aksara Jawa modern atau Hanacaraka dengan masih sampai sekarang.
(3) Dengan berkembang-nya agama Islam pada abad ke-15 dan ke-16, huruf Arab
juga dipergunakan untuk menulis bahasa Jawa. (4) Huruf ini disebut dengan nama
huruf pegon. (5) Ketika bangsa Eropa menjajah Indonesia, termasuk Jawa, abjad
Latin pun digunakan untuk menulis bahasa Jawa.
Perbaikan kalimat (2) pada teks tersebut adalah...
A. Aksara
ini dengan merupakan cikal bakal aksara Jawa modern atau Hanacaraka dengan masih dipakai sampai sekarang.
B. Aksara
ini yang menjadi cikal bakal aksara Jawa modern atau Hanacaraka yang masih dipakai sampai sekarang.
C. Ini
aksara yang menjadi cikal bakal aksara Jawa modern atau Hanacaraka supaya masih
dipakai sampai sekarang.
D. Aksara
ini yang merupakan cikal bakal aksara Jawa modern atau Hanacaraka maka masih dipakai sampai sekarang.
20. Perhatikan
kalimat berikut!
|
Penggunaan kata banyak tidak tepat
karena...
A. kata
banyak merupakan jenis kata bilangan tak tentu.
B. kata
banyak tidak dapat diletakkan sebelum kata benda.
C. kata
banyak tidak dapat diletakkan pada awal kalimat.
D. kata
ulang orang-orang tua sudah bermakna banyak.
21. Bacalah
teks berikut !
Agus Salim, lelaki
kelahiran Agam, Sumatera Barat, ini adalah negarawan dengan otak cemerlang. Dia banyak dipuji karena
kemahirannya menguasai banyak bahasa. Dalam sejarah, Agus Salim
pernah menjabat Menteri Luar
Negeri Republik Indonesia ke-3 pada periode 3 Juli 1947-20
Desember 1949.
Makna kata yang
digarisbawahi pada teks tersebut adalah …
A. cerdas C.
indah
B. bagus D.
bersih
Bacalah teks berikut
kemudian kerjakan soal nomor 23 dan 24!
Ciri khas anggrek hitam lainnya yang membedakan dengan
jenis anggrek lainnya adalah
mengeluarkan bau semerbak. Biasanya tanaman itu
mekar pada Maret sampai Juni. Anggrek hitam sebagaimana anggrek pada
umumnya, tumbuh menumpang pada tumbuhan lain (epifit). Biasanya anggrek
langka ini menempel pada pohon tua
yang hidup di daerah pantai atau rawa.
22. Informasi
tersurat yang terdapat dalam teks tersebut adalah …
A. Penemu
pertama anggrek hitam C.
Ciri khas bunga anggrek hitam
B. Cara
perkembangbiakan anggrek hitam D.
Usia tanaman bunga anggrek
hitam
hitam
23. Simpulan teks tersebut adalah …
A. Anggrek
hitam hanya mekar selain bulan Maret sampai Juni
B. Anggrek
hitam sama dengan jenis anggrek yang lainnya.
C. Ciri
khas anggrek hitam mengeluarkan bau semerbak.
D. Anggrek
ini tumbuh berdampingan dengan pohon-pohon tua.
24. Penyakit
gigi pada anak dapat berdampak pada kesehatan masa depannya. Salah satunya
adalah struktur gigi yang tak benar karena kerusakan gigi terutama pada gigi
susu. Sementara itu, sakit gigi karena gigi berlubang dapat mengganggu
aktivitas belajar sehingga prestasi mereka pun akan menurun.
Gagasan
utama paragraf tersebut adalah...
A. Dampak
penyakit gigi pada kesehatan.
B. Kerusakan
gigi berlubang mengganggu aktivitas belajar.
C. Sakit
gigi berlubang dianggap hal sepele.
D. Gigi
susu berlubang menjadikan struktur gigi jelek.
25. (1)Manggis
memiliki banyak manfaat karena kaya akan kandungan antioksidan pada kulit dan
buahnya. (2) Buah manggis bermanfaat untuk mengatasi penyakit-penyakit yang
mematikan seperti kanker, diabetes, dan
jantung. (3) Zat xanthones yang
dihasilkan manggis dapat mencegah berbagai penyakit.(4) Selain itu. Xanthones juga bermanfaat mencegah
pertumbuhan kanker dan tumor.
Kalimat
utama teks tersebut ditandai dengan nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
26. Bacalah
teks berikut !
Sejak
zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya serta
manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur, tetapi juga bermanfaat bagi
kesehatan. Tumbuhan tanpa buah ini
mempunyai ciri-ciri seperti, seperi daun panjang, tebal dan berwarna
hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.
Meskipun
sejak dahulu dikenal memiliki banyak khasiat, belum banyak yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa
menjadi komoditas yang menguntungkan. Komoditas
yang berbahan lidah buaya, di antaranya obat untuk mempercepat proses
penyembuhan penyakit, jus lidah buaya atau gela sebagai obat pencahar yang baik
dan sangat membantu jika mengalami sembelit, ramuan penyubur rambut, juga sebagai minuman yang
menyehatkan.
Ringkasan
teks tersebut adalah …
A. Lidah
buaya bermanfaat sebagai penyubur rambut juga untuk kesehatan.
B. Lidah
buaya sangat bermanfaat untuk mengobati
berbagai macam penyakit.
C. Lidah
buaya selain bermanfaat juga menjadi
komoditas yang menguntungkan.
D. Lidah
buaya memiliki ciri-ciri tertentu dan
nilai komoditas yang menguntungkan.
27. Bacalah
kedua teks berikut !
Teks
1
|
Teks
2
|
Ular adalah salah
satu makhluk yang di- takuti di muka
bumi. Salah satu jenis ular yang mematikan adalah ular derik. Ular derik masih bisa menggigit bahkan setelah mereka mati.
|
Kami berkumpul
sebelum pukul 07.00 di lapangan sekolah. Tepat pukul 07.00 panitia
memberikan pengarahan. Setengah jam
kemudian, kami menuju bus maisng-masing.
|
Perbedaan penggunaan bahasa kedua
kutipan teks tersebut adalah
|
Teks 1
|
Teks 2
|
A.
|
Menggunakan
konjungsi penanda waktu
|
Menggunakan
kata hubung pertentangan
|
B.
|
Menggunakan
konjungsi penanda waktu
|
Menggunakan
kata adalah
|
C
|
Menggunakan kata
adalah
|
Menggunakan konjungsi
|
D
|
Menggunakan
kata penghubung
|
Menggunakan
kata ‘adalah’
|
28. Bacalah
teks berikut !
(1)Pesan yang disampaikan melalui cerpen ini sangat
baik, yakni perbedaan bukanlah alasan untuk enggan bersatu. (2) Menghargai perbedaan
itu sangat penting. (3)Namun sayang, penyajiannya dirasa kurang pas dengan
adanya kisah penembakan. (4) Meski demikian, ini adalah sebuah cerpen dan
penulis berhak untuk membentuk jalan ceritanya sendiri.
Kelemahan dari karya sastra tersebut ditandai dengan
nomor …
A. (1) C. (3)
B. (2) D. (4)
29.
|
Perhatikan kalimat berikut!
Ketidakefektifan kalimat tersebut karena...
A. penggunaan
kata cantik C.
penggunaan kata daripada
B. penggunaan
kata ulang D. kata
terbuat bermakna dapat
30. Bacalah
teks berikut!
(1)Di
seluruh dunia di mana terdapat lautan, maka rumput laut dapat
ditemukan.(2)Rumput laut muncul dalam
berbagai varietas. (3)Rumput ini termasuk ke dalam kelompok besar tumbuhan air
yang disebut alga.(4)Tetapi tumbuhan ini mengandung pigmen hijau yang disebut
klorofil. (5)Jadi mereka dapat dibudidayakan di mana saja. (6)Alasan mengapa
tumbuhan ini tidak tampak hijau adalah karena seringkali tertutup oleh pigmen
lain.
Ketidakefektifan teks tersebut
karena terdapat kalimat (5) yang tidak padu dengan alasan...
A. Kalimat
(5) terlepas dari pembicaraan pokok teks tersebut.
B. Kalimat
(5) tidak mengikuti aturan sebuah kalimat yang baik.
C. Kalimat
(5) hanya membicarakan masalah budi daya rumput laut.
D. Kalimat
(5) tidak merupakan penjelasan dari salah satu bagian kalimat (4)
31. Perhatikan
kalimat berikut!
|
Kata yang salah ejaannya pada
kalimat tersebut adalah...
A. gizi C.
aktifitas
B. optimal D.
mendukung
32. Perhatikan
kalimat berikut!
|
Tanda baca yang tidak tepat pada
kalimat tersebut adalah...
A. titik(.) C.
titik dua (:)
B. koma(,) D.
tanda hubung (-)
33. Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
|
Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada
kalimat...
A. (1)
dan (3) C.
(2) dan (3)
B. (1)
dan (4) D.
(2) dan (4)
34. Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
|
Penggunaan tanda baca yang tepat
terdapat pada kalimat...
A. (1)
dan (3) C.
(2) dan (3)
B. (1)
dan (4) D.
(2) dan (4)
35. Perhatikan
kalimat berikut!
|
Perbaikan
penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah...
|
Tertulis
|
Perbaikan
|
A.
|
siswa
|
siswi
|
B.
|
hapal
|
hafal
|
C.
|
dinasihati
|
dinasehati
|
D.
|
frustrasi
|
Frustasi
|
36. Perhatikan
kalimat berikut!
|
Perbaikan penggunaan tanda baca
pada kalimat tersebut adalah...
A. Mereka
berkata”Kami tidak akam menjual tanah leluhur kami: meskipun dengan harga
tinggi.”
B. Mereka
berkata,”Kami tidak akam menjual tanah leluhur kami, meskipun dengan harga
tinggi.”
C. Mereka
berkata.”Kami tidak akam menjual tanah leluhur kami; meskipun dengan harga
tinggi.”
D. Mereka
berkata,”Kami tidak akam menjual tanah leluhur kami meskipun dengan harga
tinggi.”
37. Perhatikan
kalimat beirkut!
|
Penulisan kata rumah sakit pada
kalimat tersebut tidak tepat karena...
A. tidak
diikuti nama C.
bukan nama diri geografis
B. terletak
pada akhir kalimat D. bukan
nama lembaga resmi
38. Perhatikan
kalimat berikut!
|
Tanda
baca koma(,) pada kalimat tersebut tidak tepat karena tanda baca koma tidak digunakan...
A. pada
kalimat majemuk bertingkat apa pun.
B. untuk
memisahkan induk kalimat dengan anak kalimat
C. pada
kalimat yang menyatakan hubungan sebab akibat
D. pada
kalimat majemuk yang anak kalimat setelah induk kalimat
Bacalah
teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 41 s.d. 43!
Kupu-kupu
akhirnya lolos dari dua anak kecil tersebut. Namun, ia merasakan sayapnya
terbang dengan terlalu kencang. Ia pun merasakan kepalanya yang sangat pusing.
Ia meminta bantuan kepada hewan lainnya, namun mereka semua enggan menolong
kupu-kupu. Akhirnya, ia pingsan dengan sayapnya yang patah.
Kupu-kupu
tersadar dari pingsannya. Namun, ia terkejut saat ia tahu bahwa ia sedari tadi
pingsan. Tiba-tiba lalat datang membawa obat-obatan.
“Syukurlah
kau sudah pulih” ujarnya senang. Kupu-kupu terkejut karena yang me-nolongnya
adalah hewan yang tadi pagi ia hina. Dia merasa berhutang budi padanya.
“Mm..terima kasih ya kau mau menolongku,
padahal aku telah menghinamu,” ujarnya malu-malu.
“Tidak
apa kok, sudahlah kau tiduran saja. Biar aku dapat mengobati sayapmu yang
patah.”
Kupu-kupu
menurut, lalu ia diobati oleh lalat.
Hari
terus berganti akhirnya Kupu-kupu telah
pulih kembali. Ia dapat terbang ke mana ia suka. Namun, Kupu-kupu yang sekarang
telah berbeda dengan Kupu-kupu yang lama. Ia kini mau berteman dengan siapa
saja. Teman-temannya pun telah memanfaatkan perbuatan dia yang lalu.
Kupu-kupu
telah menyadari bahwa kecantikannya itu pemberian semata dari Alloh SWT. Ia mau
berterman dengan siapa saja karena tanpa teman ia tak bisa berbuat apa-apa.
39. Komentar
yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah...
A. Isi
cerita bagus hanya tidak ada pesan moralnya.
B. Isi
cerita bagus karena mengajarkan kepada pembaca supaya tidak sombong.
C. Isi
cerita kurang menarik karena menceritakan yang sesungguhnya.
D. Isi
cerita tidak masuk akal sehingga tidak patut ditiru dalam kehidupan nyata.
40. Komentar
yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah...
A. Pola
pengembangan cerita tersebut dimulai
dengan pengenalan tokoh dan latar tempat serta latar waktu yang terdapat dalam
cerita. Pengenalan itu disampaikan secara tersurat.
B. Pola
pengembangan fabel tersebut dimulai dengan lolosnya tokoh dari kejaran manusia,
tetapi ia kesakitan dan tidak ada yang menolong. Untunglah ada lalat yang mau
menolong, meskipun sebelumnya ia sudah disakiti oleh tokoh tersebut.
C. Pola
pengembangan cerita fabel tersebut dimulai dengan penampilan garis besar isi
cerita karena dengan membaca cerita tersebut, pembaca menjadi mengetahui garis
besar jalan cerita yang sesungguhnya.
D. Pola
pengembangan cerita fabel tersebut dimulai dengan menampilkan lokasi karena di
dalam kutipan cerita dimunculkan lokasi cerita, yaitu tempat si tokoh lolos
dari dua anak kecil tersebut. Namun, ia merasakan sayapnya sakit akibat terbang
dengan terlalu kencang.
41. Komentar
terhadap bahasa yang digunakan pada teks tersebut adalah...
A. Bahasa
yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami oelh pembaca.
B. Bahasa
yang digunakan banyak menggunakan kiasan sehingga pembaca sulit memahami
isinya.
C. Bahasa
yang digunakan banyak bermakna tersirat sehingga menyulitkan pembaca memahami
isi cerita.
D. Bahasa
yang digunakan banyak menggunakan peribahasa sehingga membosankan.
42. Perhatikan
kalimat berikut!
|
Kata yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah...
A. menumpuk C.
bertambah
B. bertumpuk D. menambah
43. Bacalah
teks berikut!
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut
adalah...
A. Nyalakan
kompor dengan api sedang!
B. Sediakan
wajan yang diameternya 30 cm!
C. Setelah
wajan diangkat, matikan kompor!
D. Adonan
diaduk terus supaya tidak lengket!
44. Perhatikan
petunjuk berikut!
Cara membuat Botol Kaca
(1) Kemudian,
campuran itu dipanaskan dalam tungku
pada suhu yang sangat tinggi.
(2) Selanjutnya,
untuk memperkuat kaca botol-botol tersebut,botol-botol itu dipanaskan kembali,
lalu didinginkan.
(3) Lalu
adonan kaca diproduksi
(4) Kaca
untuk botol dibuat dari pasir, batu gamping, dan abu soda dengan menempuh
langkah-langkah sebagai berikut.
(5) Pertama,
ketiga bahan tersebut dicampur secara merata!
(6) Setelah
itu, campuran adonan itu dibentuk menjadi botol dengan cetakan.
(7) Akhirnya,
botol-botol itu siap digunakan.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi
petunjuk yang sistematis adalah...
A. (3)-(2)-(6)-(4)-(5)-(1)-(7) C.
(4)-(3)-(5)-(1)-(2)-(6)-(7)
B. (3)-(5)-(2)-(4)-(1)-(6)-(7) D.
(4)-(5)-(1)-(3)-(6)-(2)-(7)
45. Perhatikan
kalimatb berikut!
|
Kata yang tepat untuk melengkapi
teks tersebut adalah...
A. reporter C.
fotografer
B. ilustrator D.
koreografer
46. Bacalah
teks berikut!
Di tengah kondisi
perlambatan ekonomi, peluang tetap harus dicari. Untuk Indonesia, peluang itu
tersimpan dalam beberapa sektor ekonomi. (...) Dalam dunia pariwisata,
keindahan serta kekayaan alam dan budaya Indonesia sudah banyak diakui
masyarakat internasional.
A. Salah
satunya kegiatan pariwisata.
B. Destinasi
wisata Indonesia bervariasi.
C. Menteri
Pariwisata sangat mendukung.
D. Pariwisata
penyumbang devisa terbesar.
47. Bacalah
teks berikut!
Tubuh manusia tidak
dapat menoleransi suhu yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Seseorang
yang berada di luar ruangan dengan temperatur udara di bawah minus 290C akan
beku. Hal ini dapat mengakibatkan kematian karena tubuh kehilangan panas.
(...)
Penurunan panas tubuh
badan antara 10C hingga 20C mengakibatkan tubuh gemetar, merupakan salah satu
usaha tubuh kita untuk menaikkan temperatur tubuh melalui gerakan dari
sendi-sendi otot. Penurunan yang lebih drastis lagi mengakibatkan kehilangan
kesadaran dan bahkan kematian.
Paragraf yang tepat untuk
melengkapi teks tersebut adalah...
A. Udara
yang terlalu dingin di luar akan menyebabkan berbagai penyakit. Oleh karena
itu, saat udara dingin selalu menggunakan mantel atau baju hangat. Ini berguna
bagi tubuh untuk menormalkan suhu tubuh.
B. Panas
sangat diperlukan untuk menghangatkan tubuh. Tubuh yang masih menghasilkan
panas menunjukkan bahwa organ dalam tubuh masih bekerja sesuai dengan
fungsinya.
C. Temperatur
udara antara di luar dengan di dalam tubuh manusia tidak imbang menyebabkan
kondisi seseorang akan sakit. Temperatur yang bisa diterima tubuh berkisar
30-370C .
D. Temperatur
tubuh normal adalah 370C. Ketika temperatur udara lebih rendah daripada
temperatur tubuh, panas akan mengalir dari tubuh kita.Pada temperatur udara
sedang, antara 150C-200C, tubuh kita tidak bermasalah.
48. Bacalah
teks berikut!
Sunarto duduk di kursi
bambu di samping pintu rumahnya. Dia memandang apartemen yang ada di
hadapannya. Wajahnya nampak serius.
“To...,To..., sudah
masuk. Makan tuh, sudah ema buatin oncom sama lenca kesukaanmu,” kata Ma Inah
dari dalam.
“Sebentar, Ma. Toto belum lapar,” kata Sunarto
suaranya lesu.
“Aku heran, Ma. Daerah
seperti ini kok orang mau mendirikan apartemen.”
Cerita dengan sudut pandang yang berbeda dari cerita
tersebut adalah...
A. Dia
duduk di kursi bambu di samping pintu rumahnya. Dia memandang apartemen yang
ada di hadapannya. Wajahnya nampak serius.
“To...,To..., sudah masuk. Makan tuh, sudah ema
buatin oncom sama lenca kesukaanmu,” kata Ma Inah dari dalam.
“Sebentar,
Ma. Toto belum lapar,” kata Sunarto suaranya lesu.
“Aku heran, Ma. Daerah seperti ini kok orang mau
mendirikan apartemen.”
B. Mereka
duduk di kursi bambu di samping pintu rumahnya. Dia memandang apartemen yang
ada di hadapannya. Wajahnya nampak serius.
“To...,To..., sudah masuk. Makan tuh, sudah ema
buatin oncom sama lenca kesukaanmu,” kata Ma Inah dari dalam.
“Sebentar,
Ma. Toto belum lapar,” kata Sunarto suaranya lesu.
“Aku heran, Ma. Daerah seperti ini kok orang mau
mendirikan apartemen.”
C. Aku duduk di kursi bambu di samping pintu
rumahnya. Aku memandang apartemen yang
ada di hadapannya. Wajahnya nampak serius.
“To...,To..., sudah masuk. Makan tuh, sudah ema
buatin oncom sama lenca kesukaanmu,” kata Ma Inah dari dalam.
“Sebentar,
Ma. Toto belum lapar,” kata Sunarto suaranya lesu.
“Aku heran, Ma. Daerah seperti ini kok orang mau
mendirikan apartemen.”
D. Kami
duduk di kursi bambu di samping pintu rumahnya. Kami memandang apartemen yang ada di hadapannya.
Wajahnya nampak serius.
“To...,To..., sudah masuk. Makan tuh, sudah ema
buatin oncom sama lenca kesukaanmu,” kata Ma Inah dari dalam.
“Sebentar,
Ma. Toto belum lapar,” kata Sunarto suaranya lesu.
“Aku heran, Ma. Daerah seperti ini kok orang mau
mendirikan apartemen.”
Komentar
Posting Komentar