LATIHAN UJIAN NASIONAL 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP


I.     PILIH JAWABAN YANG PALING BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF a, b, c ATAU d DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!

Bacalah teks berikut ,kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 4!

Pantang Menyerah untuk Sekolah

Karya Andhik Prastiarto

(1)Danu adalah anak  dari orang yang kurang mampu, ibunya meninggal saat Danu berumur 2 tahun. Sepeninggal ibunya, keluarganya menjadi berantakan , ayah Danu mempunyai banyak hutang  kepada rentenir  untuk mencukupi keluarganya, uang hasil kerja sebagai penyapu jalanan saja tidak cukup untuk menghidupi keluarganya.

(2) Suatu ketika, Danu diberi surat dari Pak Dadang, guru Danu, Surat itu ia berikan kepada ayahnya, ternyata isi surat tersebut adalah Danu diminta untuk membayar uang sekolah yang sudah menunggak selama 4 bulan. Danu berfikir apakah ia bisa melanjut-kan sekolah atau tidak.

(3) Danu sudah 3 hari tidak masuk sekolah,ia berusaha mencari uang bersama ayahnya untuk membiayai sekolahnya. Pada sore hari Pak Iman guru sekolahnya Danu datang ke rumahnya Danu. Pak Iman bertanya kepada Danu kenapa sudah tidak masuk sekolah selama 5 hari, Danu berterus terang bahwa ia mencari uang bersama ayahnya untuk membiayai sekolahnya. Cukup lama  ia mereka berbincang-bincang, tidak lama kemudian Pak Iman berkata kepada Danu untuk terus masuk sekolah, dan Pak Iman akan membiayai sekolah Danu.

(4) Tiga minggu kemudian hasil Ujian Nasional diumumkan, Danu sangat gembira dengan nilai cukup bagus, yaitu: BI (9,2), Mat (9), IPA (9,6) dan Pak Iman mengumum-kan siapa yang mendapat beasiswa masuk SMP Harapan Bangsa. Danu pun mendapatkan beasiswa tersebut. Danu sangat gembira dan berterima kasih kepada semua gurunya dan ayahnya yang telah membantunya dalam belajar.

(5) Akhirnya Danu terus melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu SMP, ia  akan belajar dengan sungguh-sungguh supaya berhasil untuk meraih cita-cita nya, yaitu seorang guru.

1.        Makna kata yang dicetak tebal pada teks tersebut adalah …

A.      Orang yang memberikan santunan kepada orang miskin.

B.       Orang yang mencari nafkah dengan membungakan uang.

C.       Orang yang pekerjaannya di bidang sosial kemasyarakatan.

D.      Orang yang  pekerjaannya menagih hutang kepad orang lain.
2.      Makna tersurat yang terdapat dalam teks (3)tersebut adalah...

A.      Danu dapat bantuan untuk  membayar uang sekolahnya

B.       Danu dan orang tuanya  dipanggil  untuk menghadap kepala sekolah

C.       Pihak sekolah memberikan bantuan kepada Danu

D.       Pihak  sekolah menagih uang bayaran  sekolah.

 

3.      Bagian pengenalan pada kutipan teks tersebut ditandai dengan  nomor...

A.  (1)                                                        C.(3)

B.  (2)                                                        D.(4)

 

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 5 s.d 8!

        ... Pada hari berikutnya, Pak Kijang bertemu dengan Pak Kerbau, mereka menceritakan  kejadian yang telah mereka alami kemarin. Selagi mereka asyik membahas masalah yang menimpa keluarga mereka yang sudah pasti disebabkan oleh si nakal Kelinci, tiba-tiba terdengar lah suara teriakan si Kelinci Singa. Pak Singa ngamuk! Tolong,tolooong, toloooong ...!!, “ tapi tidak ada yang peduli, “Ah, paling-paling Si Kelinci lagi-lagi membohongin kita” pikir mereka sambil tertawa melihat si Kelinci.

      Dengan sekuat tenaga si Kelinci melompat-lompat  lari seribu langkah  menghindari kejaran maut dari Pak Singa, tapi apalah daya, Pak Singa pasti selalu lebih cepat larinya.

4.        Makna simbol pada kata yang dicetak tebal pada teks tersebut adalah...

A.      lari dengan rasa gembira                               C. lari dengan kecepatan tinggi

B.       lari untuk meraih sesuatu                              D. lari sejumlah seribu langkah

 

5.        Isi tersirat teks tersebut adalah...

A.      hidup rukun dengan sesama dan saling menolong

B.       kita harus hidup jujur supaya dipercaya orang lain

C.       bila memberikan sesuatu jangan harap imbalan

D.      bekerja dengan sekuat tenaga  demi keluarga

 

6.      Sebab terjadinya konflik pada teks tersebut adalah...

A.      Kelinci tidak mau mendengar nasihat teman-temannya.

B.       Kelinci selalu mengganggu hewan-hewan yang lain.

C.       Pak Singa memberikan hukuman kepada kancil yang nakal.

D.      Pak Singa tidak terima dituduh mencelakai kelinci.

 

7.      Akibat konflik pada teks tersebut adalah...

A.      Pak Kijang dikucilkan oleh hewan lainnya.

B.       Pak Kerbau merasa ditipu oleh keluarga Pak Kijang.

C.       Si Kelinci tidak  dipercaya lagi oelh hewan yang lain.

D.      Kelinci memaaafkan perbuatan Pak Kijang.

 

Bacalah kedua teks cerpen berikut, kemudian kerjakan soal nomor 9 dan 10!

Teks I
Teks 2
      Di padang rumput yang indah dan damai, hiduplah seekor kelinci yang sangat nakal, setiap hari kerjanya hanya mengusili penghuni padang rumput.
      Pada suatu hari, Si Kelinci bertemu dengan Pak Kijang. Dalam hati, Kelinci berpikir   “Saya kerjain saja Pak Kijang, tapi bagaimana ya?” Si Kleinci berpikir sangat keras dan tiba-tiba ada ide nakal sampai di kepalanya.”Saya pura-pura saja lari ke arah Pak Kijang sambil berteriak,” Pak Singa ngamuk! Pak Singa ngamuk!” He-he......
 
 
“Eh! Siapa takut! Berani-beraninya kau mendekati aku!” ujar kupu-kupu. Lalat terdiam. “Kamu tuh nggak  pantas  ya berteman denganku!” Kamu tuh hewan yang jijik! Tidak pantes berteman dengan saya yang cantik! Tidak seperti kamu! Dari makanannnya saja aku tentu yang lebih baik!”ujar kupu-kupu sombong. “ Aku ke sini hanya ingin berteman dengan Kau! Kalau kamu tidak mau, ya sudah! Tidak perlu Kau menghinaku!” ujar lalat yang hatinya tersakiti oleh kupu-kupu yang sombong itu.

8.       Perbedaan pola pengembangan kedua teks cerpen tersebut diawali dengan...

 
Teks 1
Teks 2
A.
pengenalan
klimaks
B.
klimaks
pengenalan
C.
penyelesaian
peleraian
D.
peleraian
penyelesaian

 

9.      Perbandingan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah...

 
Teks 1
Teks 2
A.
latar tempat digambarkan terseirat
latar waktu digambarkan terseirat
B.
menggambarkan fisik tokoh
menggambarkan kepribadian tokoh
C.
menggunakan kata ganti
tidak menggunakan kata ganti
D.
Menggunakan kata sandang
tidak menggunakan kata sandang

 

10.    Perhatikan data-data berikut!


v Kegiatan  “Jumat Bersih”
v Kelas mendapat bagian
v Tujuan kegiatan
 
 

 

 

 


Teks laporan sesuai dengan data tersebut adalah...

A.      Kegiatan Jumat bersih dilakukan setiap hari Jumat. Mereka yang terlibat dalam kegiatan ini digilir sesuai dengan jadwalnya. Misalnya, Jumat minggu pertama kelas VII. Jumat minggu kedua kelas VIII, Jumat minggu ketiga kelas IX. Biasanya anak laki-laki membersihkan di luar kelas, anak perempuan di dalam kelas.

B.       Setiap hari Jumat SMP Angsa Biru melakukan kegiatan “Jumat Bersih”. Setiap kelas mendapat bagian atau lahan berbeda-beda. Ada yang membersihkan bagian taman belakang, taman samping , sekitar  mushola, dan ada juga di sekitar kantin. Kegiatan ini bertujuan membiasakan hidup bersih dan peduli lingkungan bersih.

C.       Kegiatan Jumat bersih sudah berlangsung  enam bulan. Hasilnya cukup memuaskan selain lingkungan sekolah selalu bersih  juga menanamkan  pembiasaan hidup bersih kepada warga sekolah. Mereka yang di rumahnya tidak pernah menggerakkan sapu kini dibiasakan untuk memanfaatkan sapu sesuai dengan fungsinya.

D.      Hari Jumat dimanfaatkan untuk melakukan bersih-bersih . Anak-anak dan guru-guru di SMP Angsa Biru melakukannya dengan senang hati. Mereka saling membagi lahan untuk dibersihkan. Ada yang membersihkan taman, tempat parkir, kantin dan lain-lain. Anak perempuan menyapu dan mengepel, serta mengelap kaca kelas.

 

11.    Perhatikan kalimat berikut!

Tidur  tidak nyenyak selama pada malam hari tidak akan menimbulkan  bahaya apa pun selagi tubuh tetap dalam situasi bersitirahat.

Penggunaan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah...

A.      Selama dan situasi                                        C. selama dan menimbulkan

B.       Selagi dan sebagian                                      D. sebagian dan menimbulkan

 

12.  Bacalah teks berikut!


(1)     Pada pertengahan tahun ini, beberapa brandhigh  fashion memberikan  diskon spesial.
(2)     Bus Transjakarta merek Scania harus akan diuji ulang lagi supaya menjamin keselamatan dan kenyamanan penumpang.
(3)     Animo masyarakat dengan menyambut Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2015 sangat rendah sekali.
(4)     Ada 117 gadis cantik dari beberapa belahan dunia siap memperbolehkan Miss Word 2015
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kalimat tidak efektif ditandai nomor...

A.  (1) dan (3)                                                       C. (2) dan (3)

B.   (1) dan (4)                                                       D. (2) dan (4)

 

13.    Bacalah teks berikut!

(1)Sejarah  Sastra Jawa dimulai dengan sebuah prasasti yang ditemukan di daerah Sukabumi. “ (2) Prasasti yang biasa disebut dengan nama Prasasti Sukabumi ini bertarikh 25 Maret 804 Masehi. (3) Prasasti banyak ditemukan di Pulau Jawa dan Sumatera. (4) Isinya ditulis dalam bahasa Jawa Kuna. (5) Setelah Prasasti Sukabumi, ditemukan prasasti lainnya ditemukan tahun 856 M yang berisikan sebuah sajak yang disebut kakawin.

Kalimat yang tidak padu pada paragrfa tersebut adalah...

A.      (2)                                                                 C. (4)

B.       (3)                                                                 D. (5)

 

14.  Perhatikan kalimat berikut
 
Sejak  usia dini seorang anak harus mendapat (...) lengkap dari polio sampai campak.
 
 

 

 


Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah...

A.    injeksi                                                              C. inkubasi

B.     infeksi                                                             D. imunisasi

15. 
Dewasa ini anak-anak sekolah (...) segudang waktivitas usai jam sekolah.
 
Perhatikan kalimat berikut!

 

 

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah...

A.    memiliki                                                          C. menguasai

B.     memakai                                                          D. menghadiri

 

16.    Perhatikan kalimat berikut!


Pekerjaan sebagai penambang belerang merupakan pekerjaan (...) yang diwariskan oelh orang tuanya.
 
 

 

 


Kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah...

A.      turun-turun                                                    C. turun-turunan

B.       turun-temurun                                                           D. temurun-temurun

 

17.    Perhatikan kalimat berikut!


Cara alami untuk menghilangkan flu adalah dengan mengonsumsi madu.
 
 

 

 


Perbaikan kata bercetak miring pada kalimat tersebut yang tepat adalah...

A.      mengatasi                                                      C. membatasi

B.       mengobati                                                     D. Mengurangi

 

18.    Perhatikan kalimat berikut!


Kecukupan gizi anak angkanya dalam setiap kelompok usianya berbeda.
 
 

 


Perbaikan kalimat tersebut adalah...

A.      Angka kecukupan gizi anak berbeda di setiap kelompok usianya.

B.       Kecukupan gizi angkanya berbeda setiap anak dalam kelompoknya berbeda.

C.       Angka kecukupan gizi anak dalam setiap kelompok usianya berbeda.

D.      Kecukupan gizi anak angkanya berbeda setiap anak dalam kelompok usianya.

 

19.    Bacalah teks berikut!

(1)Bahasa Jawa pertama-tama ditulis dalam aksara turunan aksara Palawa yang berasal dari India Selatan.(2) Ini aksara yang merupakan cikal bakal aksara Jawa modern atau Hanacaraka dengan masih sampai sekarang. (3) Dengan berkembang-nya agama Islam pada abad ke-15 dan ke-16, huruf Arab juga dipergunakan untuk menulis bahasa Jawa. (4) Huruf ini disebut dengan nama huruf pegon. (5) Ketika bangsa Eropa menjajah Indonesia, termasuk Jawa, abjad Latin pun digunakan untuk menulis bahasa Jawa.

Perbaikan kalimat (2) pada teks tersebut adalah...

A.      Aksara ini dengan merupakan cikal bakal aksara Jawa modern atau Hanacaraka dengan masih dipakai sampai sekarang.

B.       Aksara ini yang menjadi cikal bakal aksara Jawa modern atau Hanacaraka yang masih dipakai sampai sekarang.

C.       Ini aksara yang menjadi cikal bakal aksara Jawa modern atau Hanacaraka supaya  masih dipakai sampai sekarang.

D.      Aksara ini yang merupakan cikal bakal aksara Jawa modern atau Hanacaraka maka masih dipakai sampai sekarang.

 

20.    Perhatikan kalimat berikut!


Banyak orang-orang tua harus memahami pola pakai putra-putrinya.
 
 

 


Penggunaan kata banyak tidak tepat karena...

A.      kata banyak merupakan jenis kata bilangan tak tentu.

B.       kata banyak tidak dapat diletakkan sebelum kata benda.

C.       kata banyak tidak dapat diletakkan pada awal kalimat.

D.      kata ulang orang-orang tua sudah bermakna banyak.

 

21.  Bacalah teks berikut !

Agus Salim, lelaki kelahiran Agam, Sumatera Barat, ini adalah negarawan dengan  otak cemerlang.  Dia banyak dipuji  karena  kemahirannya menguasai banyak bahasa. Dalam sejarah, Agus Salim pernah  menjabat Menteri  Luar  Negeri  Republik  Indonesia ke-3 pada periode 3 Juli 1947-20 Desember  1949.

Makna kata yang digarisbawahi pada teks tersebut adalah …

A.  cerdas                                                             C. indah

B.  bagus                                                              D. bersih

 

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 23 dan 24!

Ciri  khas anggrek hitam  lainnya yang membedakan  dengan  jenis anggrek  lainnya adalah mengeluarkan bau semerbak. Biasanya tanaman itu  mekar pada Maret sampai Juni. Anggrek hitam sebagaimana anggrek pada umumnya, tumbuh menumpang pada tumbuhan lain (epifit). Biasanya anggrek  langka ini menempel pada pohon tua  yang hidup di daerah pantai atau rawa.

22.  Informasi tersurat yang terdapat dalam teks tersebut adalah …

A.      Penemu pertama anggrek hitam                                C.   Ciri khas bunga anggrek hitam

B.       Cara perkembangbiakan anggrek hitam                    D. Usia tanaman bunga anggrek
                                                                                         hitam

23.  Simpulan teks tersebut adalah …

A.      Anggrek hitam hanya mekar selain bulan Maret sampai Juni

B.       Anggrek hitam sama dengan jenis anggrek yang lainnya.

C.       Ciri khas anggrek hitam mengeluarkan bau semerbak.

D.      Anggrek ini tumbuh berdampingan dengan pohon-pohon tua.

 

24.  Penyakit gigi pada anak dapat berdampak pada kesehatan masa depannya. Salah satunya adalah struktur gigi yang tak benar karena kerusakan gigi terutama pada gigi susu. Sementara itu, sakit gigi karena gigi berlubang dapat mengganggu aktivitas belajar sehingga prestasi mereka pun akan menurun.

     Gagasan utama paragraf tersebut adalah...

A.       Dampak penyakit gigi pada kesehatan.

B.       Kerusakan gigi berlubang mengganggu aktivitas belajar.

C.       Sakit gigi berlubang dianggap hal sepele.

D.       Gigi susu berlubang menjadikan struktur gigi jelek.

 

25.  (1)Manggis memiliki banyak manfaat karena kaya akan kandungan antioksidan pada kulit dan buahnya. (2) Buah manggis bermanfaat untuk mengatasi penyakit-penyakit yang mematikan seperti kanker, diabetes, dan  jantung. (3) Zat xanthones yang dihasilkan manggis dapat mencegah berbagai penyakit.(4) Selain itu. Xanthones juga bermanfaat mencegah pertumbuhan kanker dan tumor.

     Kalimat utama teks tersebut ditandai dengan nomor....

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

 

 

 

26.    Bacalah teks berikut !

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya serta manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Tumbuhan tanpa buah ini  mempunyai ciri-ciri seperti, seperi daun panjang, tebal dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.

Meskipun sejak dahulu dikenal memiliki banyak khasiat, belum banyak  yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan. Komoditas  yang berbahan lidah buaya, di antaranya obat untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit, jus lidah buaya atau gela sebagai obat pencahar yang baik dan sangat membantu jika mengalami sembelit, ramuan penyubur  rambut, juga sebagai minuman yang menyehatkan.

Ringkasan teks tersebut  adalah

A.      Lidah buaya  bermanfaat sebagai  penyubur rambut juga  untuk kesehatan.          

B.       Lidah buaya  sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

C.       Lidah buaya selain bermanfaat  juga menjadi komoditas yang menguntungkan.

D.      Lidah buaya memiliki ciri-ciri  tertentu dan nilai komoditas yang menguntungkan.

 

27.  Bacalah kedua teks berikut !

Teks 1
Teks 2
Ular adalah salah satu makhluk yang  di- takuti di muka bumi. Salah satu jenis ular yang mematikan adalah ular  derik. Ular derik masih bisa menggigit  bahkan setelah mereka mati.
Kami berkumpul sebelum pukul 07.00 di lapangan sekolah. Tepat pukul 07.00 panitia memberikan  pengarahan. Setengah jam kemudian, kami menuju bus maisng-masing.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan teks tersebut adalah

 
Teks 1
Teks 2
A.
Menggunakan konjungsi penanda waktu
Menggunakan kata hubung pertentangan
B.
Menggunakan konjungsi penanda waktu
Menggunakan kata adalah
C
Menggunakan  kata  adalah
Menggunakan  konjungsi
 
D
Menggunakan kata penghubung
Menggunakan kata ‘adalah’
 

 

 

28.    Bacalah teks berikut !

(1)Pesan yang disampaikan melalui cerpen ini sangat baik, yakni perbedaan bukanlah alasan untuk enggan bersatu. (2) Menghargai perbedaan itu sangat penting. (3)Namun sayang, penyajiannya dirasa kurang pas dengan adanya kisah penembakan. (4) Meski demikian, ini adalah sebuah cerpen dan penulis berhak untuk membentuk jalan ceritanya sendiri.

Kelemahan dari karya sastra tersebut ditandai dengan nomor …

A. (1)                                                                    C. (3)              

B. (2)                                                                    D. (4)

 

29.   
Tas cantik ini terbuat daripada barang-barang bekas yang didaur ulang.
 
Perhatikan kalimat berikut!

 

 

Ketidakefektifan kalimat tersebut karena...

A.      penggunaan kata cantik                    C. penggunaan kata daripada

B.       penggunaan kata ulang                     D. kata terbuat bermakna dapat

 

30.  Bacalah teks berikut!

(1)Di seluruh dunia di mana terdapat lautan, maka rumput laut dapat ditemukan.(2)Rumput  laut muncul dalam berbagai varietas. (3)Rumput ini termasuk ke dalam kelompok besar tumbuhan air yang disebut alga.(4)Tetapi tumbuhan ini mengandung pigmen hijau yang disebut klorofil. (5)Jadi mereka dapat dibudidayakan di mana saja. (6)Alasan mengapa tumbuhan ini tidak tampak hijau adalah karena seringkali tertutup oleh pigmen lain.

Ketidakefektifan teks tersebut karena terdapat kalimat (5) yang tidak padu dengan alasan...

A.      Kalimat (5) terlepas dari pembicaraan pokok teks tersebut.

B.       Kalimat (5) tidak mengikuti aturan sebuah kalimat yang baik.

C.       Kalimat (5) hanya membicarakan masalah budi daya rumput laut.

D.      Kalimat (5) tidak merupakan penjelasan dari salah satu bagian kalimat (4)

 

31.    Perhatikan kalimat berikut!


Kebutuhan gizi yang optimal dapat mendukung aktifitas anak selama satu hari penuh.
 
 

 


Kata yang salah ejaannya pada kalimat tersebut adalah...

A.      gizi                                                                C. aktifitas

B.       optimal                                                          D. mendukung

32.    Perhatikan kalimat berikut!


Semua siswa baik laki-laki maupun perempuan, mengikuti latihan paduan suara.
 
 

 


Tanda baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah...

A.      titik(.)                                                            C. titik dua (:)

B.       koma(,)                                                          D. tanda hubung (-)

 

33.    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!


(1)Delapan puluh persen orang yang mengalami kecelakaan,biasanya akan mengalami gangguan sistem musculoskeletal.
(2)Para pekerja sedang menganalisa keberadaan air di kolam tersebut.
(3)Efek rumah kaca merusak lapisan atmosfer bumi.
(4)Pasukan elite dibentuk untuk melindungi keluarga presiden.
 
 

 

 

 

 

 


      Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat...

A.      (1) dan (3)                                         C. (2) dan (3)

B.       (1) dan (4)                                         D. (2) dan (4)

 

 

 

34.    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!


(1) Buah bintaro berwarna hijau kemerah-merahan.
(2) Dia datang, karena adiknya membujuknya.
(3) P.T.Pelindo II sedang mengujicobakan alat pendeteksi baru.
(4) Itu bukan kaos kaki saya, melainkan kaos kaki ayah.
 
 
 

 

 

 

 


Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat...

A.      (1) dan (3)                                         C. (2) dan (3)

B.       (1) dan (4)                                         D. (2) dan (4)

 

35.    Perhatikan kalimat berikut!


Siswa yang belum hapal rumusnya cepat dinasihati agar tidak frustasi.
 
 

 


Perbaikan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah...

 
Tertulis
Perbaikan
A.
siswa
siswi
B.
hapal
hafal
C.
dinasihati
dinasehati
D.
frustrasi
Frustasi

 

36.    Perhatikan kalimat berikut!


Mereka berkata:”Kami tidak akam menjual tanah leluhur kami, meskipun dengan harga tinggi.”
 
 

 

 


Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah...

A.      Mereka berkata”Kami tidak akam menjual tanah leluhur kami: meskipun dengan harga tinggi.”

B.       Mereka berkata,”Kami tidak akam menjual tanah leluhur kami, meskipun dengan harga tinggi.”

C.       Mereka berkata.”Kami tidak akam menjual tanah leluhur kami; meskipun dengan harga tinggi.”

D.      Mereka berkata,”Kami tidak akam menjual tanah leluhur kami meskipun dengan harga tinggi.”

37.    Perhatikan kalimat beirkut!


Paman Doblang memancing ikan di danau dekat Rumah Sakit.
 
 

 


Penulisan kata rumah sakit pada kalimat tersebut tidak tepat karena...

A.      tidak diikuti nama                             C. bukan nama diri geografis

B.       terletak pada akhir kalimat               D. bukan nama lembaga resmi

 

38.    Perhatikan kalimat berikut!


Burung gagak mempunyai banyak teman, karena dia tidak congkak.
 
 

 


Tanda baca koma(,) pada kalimat tersebut tidak tepat karena tanda baca koma tidak digunakan...

A.      pada kalimat majemuk bertingkat apa pun.

B.       untuk memisahkan induk kalimat dengan anak kalimat

C.       pada kalimat yang menyatakan hubungan sebab akibat

D.      pada kalimat majemuk yang anak kalimat setelah induk kalimat

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 41 s.d. 43!

Kupu-kupu akhirnya lolos dari dua anak kecil tersebut. Namun, ia merasakan sayapnya terbang dengan terlalu kencang. Ia pun merasakan kepalanya yang sangat pusing. Ia meminta bantuan kepada hewan lainnya, namun mereka semua enggan menolong kupu-kupu. Akhirnya, ia pingsan dengan sayapnya yang patah.

Kupu-kupu tersadar dari pingsannya. Namun, ia terkejut saat ia tahu bahwa ia sedari tadi pingsan. Tiba-tiba lalat datang membawa obat-obatan.

“Syukurlah kau sudah pulih” ujarnya senang. Kupu-kupu terkejut karena yang me-nolongnya adalah hewan yang tadi pagi ia hina. Dia merasa berhutang budi padanya.

 “Mm..terima kasih ya kau mau menolongku, padahal aku telah menghinamu,” ujarnya malu-malu.

“Tidak apa kok, sudahlah kau tiduran saja. Biar aku dapat mengobati sayapmu yang patah.”

Kupu-kupu menurut, lalu ia diobati oleh lalat.

Hari terus berganti  akhirnya Kupu-kupu telah pulih kembali. Ia dapat terbang ke mana ia suka. Namun, Kupu-kupu yang sekarang telah berbeda dengan Kupu-kupu yang lama. Ia kini mau berteman dengan siapa saja. Teman-temannya pun telah memanfaatkan perbuatan dia yang lalu.

Kupu-kupu telah menyadari bahwa kecantikannya itu pemberian semata dari Alloh SWT. Ia mau berterman dengan siapa saja karena tanpa teman ia tak bisa berbuat apa-apa.

39.    Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah...

A.      Isi cerita bagus hanya tidak ada pesan moralnya.

B.       Isi cerita bagus karena mengajarkan kepada pembaca supaya tidak sombong.

C.       Isi cerita kurang menarik karena menceritakan yang sesungguhnya.

D.      Isi cerita tidak masuk akal sehingga tidak patut ditiru dalam kehidupan nyata.

 

40.    Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah...

A.      Pola pengembangan  cerita tersebut dimulai dengan pengenalan tokoh dan latar tempat serta latar waktu yang terdapat dalam cerita. Pengenalan itu disampaikan secara tersurat.

B.       Pola pengembangan fabel tersebut dimulai dengan lolosnya tokoh dari kejaran manusia, tetapi ia kesakitan dan tidak ada yang menolong. Untunglah ada lalat yang mau menolong, meskipun sebelumnya ia sudah disakiti oleh tokoh tersebut.

C.       Pola pengembangan cerita fabel tersebut dimulai dengan penampilan garis besar isi cerita karena dengan membaca cerita tersebut, pembaca menjadi mengetahui garis besar jalan cerita yang sesungguhnya.

D.      Pola pengembangan cerita fabel tersebut dimulai dengan menampilkan lokasi karena di dalam kutipan cerita dimunculkan lokasi cerita, yaitu tempat si tokoh lolos dari dua anak kecil tersebut. Namun, ia merasakan sayapnya sakit akibat terbang dengan terlalu kencang.

 

41.    Komentar terhadap bahasa yang digunakan pada teks tersebut adalah...

A.      Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami oelh pembaca.

B.       Bahasa yang digunakan banyak menggunakan kiasan sehingga pembaca sulit memahami isinya.

C.       Bahasa yang digunakan banyak bermakna tersirat sehingga menyulitkan pembaca memahami isi cerita.

D.      Bahasa yang digunakan banyak menggunakan peribahasa sehingga membosankan.

 

42.  Perhatikan kalimat berikut!


Sampah di bumi akan terus (...) selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh alam dan manusia.
 
 

 

 


Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah...

A.      menumpuk                                        C. bertambah

B.       bertumpuk                                         D. menambah

 

43.  Bacalah teks berikut!


Petunjuk  membuat karamel
1)   mentega,gula pasir, dan gula merah secukupnya ke dalam wajan!
2)   (...)
3)   Letakkan wajan di atas kompor!
4)   Biarkan gula meleleh sedikit demi sedikit!
5)   Setelah gula hampir melelh semua, aduklah gula dengan sendok kayu!
6)   Jika gula sudah berwarna coklat keemasan, angkatlah dari kompor!
7)   Karamel siap digunakan untuk popcorn, dinginkan lalu sajikan!
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah...

A.      Nyalakan kompor dengan api sedang!

B.       Sediakan wajan yang diameternya 30 cm!

C.       Setelah wajan diangkat, matikan kompor!

D.      Adonan diaduk terus supaya tidak lengket!

 

44.  Perhatikan petunjuk berikut!

      Cara membuat Botol Kaca

(1)     Kemudian, campuran itu dipanaskan  dalam tungku pada suhu yang sangat tinggi.

(2)     Selanjutnya, untuk memperkuat kaca botol-botol tersebut,botol-botol itu dipanaskan kembali, lalu didinginkan.

(3)     Lalu adonan kaca diproduksi

(4)     Kaca untuk botol dibuat dari pasir, batu gamping, dan abu soda dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut.

(5)     Pertama, ketiga bahan tersebut dicampur secara merata!

(6)     Setelah itu, campuran adonan itu dibentuk menjadi botol dengan cetakan.

(7)     Akhirnya, botol-botol itu siap digunakan.

Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi petunjuk yang sistematis adalah...

A.      (3)-(2)-(6)-(4)-(5)-(1)-(7)                               C. (4)-(3)-(5)-(1)-(2)-(6)-(7)

B.       (3)-(5)-(2)-(4)-(1)-(6)-(7)                               D. (4)-(5)-(1)-(3)-(6)-(2)-(7)

 

45.    Perhatikan kalimatb berikut!


Kita sering melihat para (...) yang memotret sambil berdiri atau membungkus atau bahkan sampai rebahan di lantai.
 
 

 

 


Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah...

A. reporter                                                            C. fotografer

B. ilustrator                                                          D. koreografer

 

 

 

46.    Bacalah teks berikut!

Di tengah kondisi perlambatan ekonomi, peluang tetap harus dicari. Untuk Indonesia, peluang itu tersimpan dalam beberapa sektor ekonomi. (...) Dalam dunia pariwisata, keindahan serta kekayaan alam dan budaya Indonesia sudah banyak diakui masyarakat internasional.

A.      Salah satunya kegiatan pariwisata.

B.       Destinasi wisata Indonesia bervariasi.

C.       Menteri Pariwisata sangat mendukung.

D.      Pariwisata penyumbang devisa terbesar.

 

47.    Bacalah teks berikut!

Tubuh manusia tidak dapat menoleransi suhu yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Seseorang yang berada di luar ruangan dengan temperatur udara di bawah minus 290C akan beku. Hal ini dapat mengakibatkan kematian karena tubuh kehilangan panas.

(...)

Penurunan panas tubuh badan antara 10C hingga 20C mengakibatkan tubuh gemetar, merupakan salah satu usaha tubuh kita untuk menaikkan temperatur tubuh melalui gerakan dari sendi-sendi otot. Penurunan yang lebih drastis lagi mengakibatkan kehilangan kesadaran dan bahkan kematian.

Paragraf yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah...

A.      Udara yang terlalu dingin di luar akan menyebabkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, saat udara dingin selalu menggunakan mantel atau baju hangat. Ini berguna bagi tubuh untuk menormalkan suhu tubuh.

B.       Panas sangat diperlukan untuk menghangatkan tubuh. Tubuh yang masih menghasilkan panas menunjukkan bahwa organ dalam tubuh masih bekerja sesuai dengan fungsinya.

C.       Temperatur udara antara di luar dengan di dalam tubuh manusia tidak imbang menyebabkan kondisi seseorang akan sakit. Temperatur yang bisa diterima tubuh berkisar 30-370C .

D.      Temperatur tubuh normal adalah 370C. Ketika temperatur udara lebih rendah daripada temperatur tubuh, panas akan mengalir dari tubuh kita.Pada temperatur udara sedang, antara 150C-200C, tubuh kita tidak bermasalah.

 

48.    Bacalah teks berikut!

Sunarto duduk di kursi bambu di samping pintu rumahnya. Dia memandang apartemen yang ada di hadapannya. Wajahnya nampak serius.

“To...,To..., sudah masuk. Makan tuh, sudah ema buatin oncom sama lenca kesukaanmu,” kata Ma Inah dari dalam.

 “Sebentar, Ma. Toto belum lapar,” kata Sunarto suaranya lesu.

“Aku heran, Ma. Daerah seperti ini kok orang mau mendirikan apartemen.”

Cerita dengan sudut pandang yang berbeda dari cerita tersebut adalah...

 

A.      Dia duduk di kursi bambu di samping pintu rumahnya. Dia memandang apartemen yang ada di hadapannya. Wajahnya nampak serius.

“To...,To..., sudah masuk. Makan tuh, sudah ema buatin oncom sama lenca kesukaanmu,” kata Ma Inah dari dalam.

 “Sebentar, Ma. Toto belum lapar,” kata Sunarto suaranya lesu.

“Aku heran, Ma. Daerah seperti ini kok orang mau mendirikan apartemen.”

B.       Mereka duduk di kursi bambu di samping pintu rumahnya. Dia memandang apartemen yang ada di hadapannya. Wajahnya nampak serius.

“To...,To..., sudah masuk. Makan tuh, sudah ema buatin oncom sama lenca kesukaanmu,” kata Ma Inah dari dalam.

 “Sebentar, Ma. Toto belum lapar,” kata Sunarto suaranya lesu.

“Aku heran, Ma. Daerah seperti ini kok orang mau mendirikan apartemen.”

C.       Aku  duduk di kursi bambu di samping pintu rumahnya. Aku  memandang apartemen yang ada di hadapannya. Wajahnya nampak serius.

“To...,To..., sudah masuk. Makan tuh, sudah ema buatin oncom sama lenca kesukaanmu,” kata Ma Inah dari dalam.

 “Sebentar, Ma. Toto belum lapar,” kata Sunarto suaranya lesu.

“Aku heran, Ma. Daerah seperti ini kok orang mau mendirikan apartemen.”

D.      Kami duduk di kursi bambu di samping pintu rumahnya. Kami  memandang apartemen yang ada di hadapannya. Wajahnya nampak serius.

“To...,To..., sudah masuk. Makan tuh, sudah ema buatin oncom sama lenca kesukaanmu,” kata Ma Inah dari dalam.

 “Sebentar, Ma. Toto belum lapar,” kata Sunarto suaranya lesu.

“Aku heran, Ma. Daerah seperti ini kok orang mau mendirikan apartemen.”

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TAMPEL KELAS IX

SOAL-SOAL BAHASA INDONESIA