TUGAS UNTUK MURIDKU

TUGAS KELAS 7CD


Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara menyilang huruf a, b, c, atau d pada lembar jawab (KERTAS UH)!
I. Pilihan Ganda
Bacalah kutipan ulasan Biografi dengan cermat sehingga kamu dapat megerjakan soal nomor 1 s.d. 5
“LIHATLAH SEORANG HATTA”
Seharusnya, para pucuk pimpinan mau menengok sejarah karena sosok pimpinan harapan rakyat ada dalam diri para pendiri negeri ini. Salah satunya Hatta. Setiap orang di eranya mengetahui bagaimana sikap Hatta sebagai pemimpin. Perlu dikemukakan lebih dahulu bahwa janjinya untuk baru akan kawin sesudah Indonesia merdeka dipenuhinya pada tahun 1945 (Hlm. 96). Keteguhannya untuk mewujudkan cita-cita bangsa dan menghilangkan segala sesuatu yang hanya bersifat memuaskan pribadinya sendiri senantiasa kukuh dipegangnya.
Demikian pula ketika ia telah menjadi orang kedua di negeri ini. Dengan kebesaran hatinya, ia menuliskan surat pengunduran diri dari panggung kehormatan. Suatu sikap yang tidak ditemui dalam pemimpin abad ini, bahkan yang telah dinyatakan bersalah oleh pengadilan. Bersamaan dengan Hasil Pemilihan Umum, pada Juli 1956, Hatta mengirim surat kepada DPR (hasil pemilihan umum) bahwa ia akan mengundurkan diri sebgai wakil presiden setelah DPR baru tersusun. Ia menganggap bahwa dengan pemilihan umum pemimpin negara diperbaharui pula. (hlm.113). Sikapnya semakin memperkuat penilaian tentang keteladanan dalam memimpin bahwa perlu ada regenerasi dalam sebuah organisasi agar visi dan misi dapat terjaga.
Buku Mohammad Hatta: Hati Nurani Bangsa 1902-1080 yang ditulis oleh Deliar Noer memungkinkan generasi muda mengetahui berbagai hal yang menyebabkan Hatta menjadi salah satu sosok pemimpin teladan. Buku tersebut diterbitkan bersamaan dengan peringatan 100 tahun kelahirannya, 12 Agustus 2002.
Uraian tentang riwayat hidup dalam buku harian tersebut terbagi dalam delapan babak, dimulai dengan “Masa kecil di Bukittinggi dan Padang, (1902-1917)”, “Remaja di Padang dan Jakarta (1917-1921)”, “matang dengan pergerakan (1921-1932)”, “Masa pergerakan di Jakaarta, Digul dan Banda Neria (1932-1941)”, “Di Bawah Pendudukan Jepang (1942-1945)”. “Perang Kemerdekaan (1945-1949)”, “Wakil Presiden di Masa Merdeka Penuh (1950-1956)”, dan “Sebagai Warga Negara Biasa (1956-1980)”.
Buku biografi ini berusaha mengajak pembacanya melihat kehidupan Hatta dalam setiap momen penting kehidupannya melalui 100 foto yang menjadi ilustrasi. Pembaca dapat melihat Hatta kecil yang akan berangkat ke sekolah dengan menggunakan bugi (kereta kuda di Sumatra Barat) (Hml. 16)
Melalui foto juga, pembaca dapat melihat Hatta yang baru berusia 25 tahun telah mewakili Perhimpunan Indonesia mengepalai rapat Presidium Kongres menentang Imperialisme dan penindasan kolonial, yang diadakan pertama kalinya oleh Liga menentang Imperialisme dan untuk Kemerdekaan Nasional, Brussels, 10-15 Februari 1927. Dalam kongres tersebut hadir pula J. Nehru dari India. Suatu aktivitas yang belum tentu terpikirkan dalam benak pemuda Indonesia saat ini untuk memperjuangkan bangsanya.
(Bahasa Indonesia; Esis; 119)
1
1. Kutipan ulasan biografi di atas yang menceritakan tujuan buku terdapat pada paragraf ke….
a. 1 dan 2 b. 4 dan 5
c. 3 d. 5 dan 6

2. Kutipan ulasan biografi di atas yang menunjukkan penjelasan daftar isi buku terdapat pada paragraf ke….
a. 1 b. 2
c. 3 d. 4

3. Sikap Hatta yang tidak mabuk kekuasaan dari kutipan di atas ditunjukan dalam kalimat ….
a. Ia baru mau akan kawin setelah Indonesia merdeka
b. Keteguhannya dalam mewujudkan cita-citanya
c. Pengunduran dirinya sebagai wakil presiden
d. Sesuatu yang bersifat memuaskan pribadinya senantiasa dipegang kukuh

4. Hal yang dapat diteladani dari ulasan biografi “LIHATLAH SEORANG HATTA adalah …..
a. Menjadi pejuang seperti Hatta
b. Para pemimpin Negara hendaknya menengok sejarah
c. Sikap Hatta yang mabuk kekuasaan
d. Keteguhan Hatta dalam cita-cita dan memenuhi janji

5. Kutipan ulasan biografi di atas yang menunjukkan keterangan tentang buku biografi terdapat pada paragraf ke….
a. 1 b. 2
c. 3 d. 4

6. “Perang melawan Belanda yang lazim disebut Perang Diponegoro berlangsung antara Tahun 1825-1830. Perang ini pecah disebabkan oleh beberapa hal. Pangeran Diponegoro merasa Dikecewakan atas tindakan Belanda yang membuat jalan raya Yogyakarta-Magelang mengambil tanah miliknya tanpa minta izin beliau. Belanda menghapuskan penyewaan tanah kepada sawasta sehingga kaum bangsawan kehilangan penghasilan penting. Bahkan terus membayar kembali biaya pembuatan jalan, jembatan dan bangunan pengairan.”

Informasi pokok paragraf tersebut adalah ....
a. Pangeran Diponegoro kecewa atas tindakan belanda
b. Belanda mengambil tanah milik Pangeran Diponegoro
c. Sebab-sebab terjadi perang Diponegoro
d. Belanda menghapus penyewaan tanah

7. Jendral Sudirman Dibesarkan dalam Tradisi Kolonialisme

Ketika kita berbicara tentang masa perjuangan dan revolusi negara ini, tidak mungkin kita melewatkan nama Jendral Sudirman. Bukan saja karena kedudukannya sebagai panglima TNI pertama yang bertempur melawan NICA Belanda, tetapi lebih dari itu Ia memberi teladan pada siapapun. Sudirman memadukan jiwa sorang muslim sejati dengan nilai patriotisme dan rasa nasionalisme sehingga perjuangannya tidak bisa dilihat dari sudut pandang perjuangan melawan penjajah semata. Justru ia menanamkan pribadi yang tangguh hasil tempaan masa kecil bahwa melawan penjajah yang notabene penindasan adalah wajib hukumnya. Yang dalam bahasa agama dinamakan jihad melawan kezaliman. Musuh besar Islam sepanjang masa.
Jendral Sudirman lahir di desa Bodaskarangjati, rembang, Jawa Tengah, tahun 1912. Ayahnya bernama Karsid Kartawirasi, sorang mandor sebuah pabrik tebu di Purwokerto. Ibunya bernama Mbok Sijem, berasal dari Jatiwelang Purwokerto.

2
Sejak kecil Sudirman dibesarkan oleh pamannya bernama Tjokrosoenarjo, seorang asisten wedana Rembang yang tidak dikaruniai anak. Lumrah ia mendapat pendidikan yang mayoritas pribumi tidak dapatkan, yakni Hollands Inlandsche school dan Taman Siswa Purwokerto. Setelah itu Sudirman melanjutkan sekolah ke Wiro Romo pada tahun 1924 dan kweekschool (sekolah guru) Muhammadiyah di Solo.
(Bahasa dan Sastra Indonesia SMP-VII; Yudistira; 107)

Alasan Tjokrosoenaryo mau mengasuh Jendral Sudirman adalah
a. Dia adalah Seorang asisten wedana Rembang yang dikaruniai anak
b. Dia adalah Seorang asisten wedana Rembang yang tidak dikaruniai anak
c. Sudirman hanya anak seorang mandor pabrik tebu
d. Jendral Sudirman adalah keponakannya dan dia sangat pandai

8. “Sebagai komponis, Ismail Marzuki dikenal produktif dan pandai melahirkan karya-karya yang mendapatkan apresiasi tinggi dari masyarakat. Dalam bermusik, Ismail Marzuki mempunyai kebebasan berekspresi, Ia leluasa bergerak dari satu jenis aliran musik ke aliran jenis musik yang lain. Ia juga mempunyai kemampuan menangkap inspirasi lagunya dengan berbagai tema. Keterpesonaan Ismail Marzuki pada sisi-sisi romantisme masa perjuangan melahirkan lagu-lagu tema cinta dan perjuangan. Meski lagu-lagu Ismail Marzuki tampak sederhana, namun syairnya sangat kuat, melodius dan punya nilai keabadian. Lagu-lagunya hingga sekarang masih tetap hidup dan disukai tua dan muda, seperti Sepasang Mata Bola, Selendang Sutra, Melati di Tapal Batas, Jangan Ditanya Kemana Aku Pergi, Payung Fantasi, Sabda Alam, Kopral jono dan Sersan mayorku.
(Bahasa dan sastra Indonesia; Yudistira; 47)
Pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan paragraf di atas adalah....
a. Ismail Marzuki tidak leluasa bergerak dari satu jenis aliran musik ke aliran jenis musik yang lain.
b. Lagu-lagu Ismail Marzuki hebat tapi syairnya lemah
c. Salah satu lagu Ismail Marzuki yang masih tetap hidup dan disukai masyarakat adalah Melati di Tapal Batas.
d. Lagu-lagu Ismail Marzuki hanya bertemakan cinta.

9. Tepat pukul 13.10 WIB Jendral besar mantan presiden kedua Indonesia menutup usianya di rumah sakit pusat pertamina Jakarta.
Makna ungkapan “menutup usia” pada kalimat di atas adalah :
a. Tidur b. Meninggal dunia
c. Memejamkan mata d. Lanjut Usia

10. kecil, saya ingin memepelajari seni. , masa remaja, saya biasa menggambar apa saja jika ada kesempatan. Sepuluh tahun usia delapan belas tahun, saya berangkat ke Jakarta. saya mengambil jurusan bahasa. , saya kuliah di seni. Semester terakhir, saya mulai memenangkan hadiah pada lomba lukis.
itu, saya mulai memperoleh penghasilan yang lumayan.

Kata-kata yang menunjukan waktu di bawah ini yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang paragraf di atas adalah....
a. Sewaktu, lalu, Kemudian, lalu,saat itu, lalu, pada waktu
b. Sejak, pada, Kemudian, lalu,saat itu, lalu, pada waktu
c. Sewaktu, pada, Kemudian, lalu,saat itu, lalu, pada waktu
d. Sejak, pada, Kemudian, kemudian,saat itu, lalu, pada waktu
11. Matahari Jakarta menyengat dengan teriknya. Ubun-ubun Iris bagai terbakar dan peluh mengalir di lehernya. Namun, ia melangkah tenang menyusuri pinggir jalan raya yang ramai itu menuju rumahnya yang hanya dua ratus meter lagi di depannya. Setiap hari ia lebih suka berjalan kaki seperti itu daripada diantar jemput ayah atau ibunya. Terik Jakarta seakan telah menjadi sahabatnya.
3
Berdasarkan isi paragraf tersebut termasuk jenis ....
a. Narasi c. Deskripsi
b. Eksposisi d. Argumentasi

12. Paragraf deskripsi terdapat pada ....
a. Sebuah kereta api menabrak mobil Xenia di lintasan kereta api. Akibat kecelakaan tersebut, seorang penumpang luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit.
b. Berkunjung ke perpustakaan memang sangat menyenangkan. Ruangan yang berukuran 7 x 12 meter mampu menampung sekitar 40 orang. Ventilasi udara cukup membuat pengunjung betah. Selain koleksi buku-bukunya tertata rapi, dilengkapi pula dengan sebuah televisi.
c. Telah bertahun-tahun Pak Karta berbaring di tempat tidur karena sakit. Segala upaya sudah dilakukan tetapi tidak ada hasilnya. Ia sudah sangat menderita.
d. Menurut keterangan, akibat hujan disertai angin kencang itu, empat rumah yang berlokasi di Kampung Pasir Bogor, terbawa angin kencang sekitar pukul 16.00. Beruntung, para penghuni rumah tidak ikut terbawa angin. Mereka lalu mengungsi ke rumah saudara yang dekat.
13. Teks :
Tidak terasa sudah enam bulan kami bersekolah di SMP. Aku rasa belajar di SMP lebih sukar daripada di SD dahulu. Akan tetapi, aku merasa senang sebab selain banyak mempunyai teman baru, guru baru, juga banyak hal-hal baru yang lain.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
a. Sudah enam bulan belajar di SMP c. Aku merasa senang belajar di SMP
b. Belajar di SMP lebih sukar daripada di SD d. Cerita belajar di SMP

14. Pak Harto dengan segala kelebihan dan kekurangannya harus diterima dengan penuh kewajaran dalam konteks kemanusiaan. Sebagai insan yang sama-sama memilki agama dan kebudayaan tidak ada salahnya kita semua memberi maaf. Meski maaf sebagai pribadi manusia itu tidak seharusnya memasuki wilayah hukum yang sedang berjalan. Serahkan kepada ahlinya untuk menentukan benar dan salah dan risiko yang harus ditanggung dalam proses peradilan perdata. Karena sebenarnya, ketika memasuki sakit ditahapan antara sadar ataupun tidak, pastilah pak Harto berada pada posisi yang sangat lemah sampai kepergiannya.

Kalimat utama paragraf di atas terletak di....
a. Pak Harto dengan segala kelebihan dan kekurangannya harus diterima dengan penuh kewajaran dalam konteks kemanusiaan.
b. Sebagai insan yang sama-sama memilki agama dan kebudayaan tidak ada salahnya kita semua memberi maaf.
c. Pak Harto harus diterima dengan kewajaran
d. Pak Harto pantas dimaafkan atas kesalahannya.

15. “Ribuan warga Ibu Kota Jakarta turun ke jalan untuk melepas kepergian almarhum mantan presiden Suharto sebelum dibawa ke Solo untuk dimakamkam. Kerumunan massa menyemut di pinggir jalan sepanjang hampir 10 km yang menjadi rute iring-iringan mobil jenazah, rombongan keluarga dan tamu penting lainnya dari Jakarta mulai dari jalan Cendana hingga Lapangan Udara Halim Perdanakusumah.” (SM;29/01/2008)

Gagasan utama pada paragraf adalah....
a. Ribuan warga Ibu Kota Jakarta turun ke jalan melepas kepergian Suharto
b. melepas kepergian almarhum mantan presiden Suharto sebelum dibawa ke Solo untuk dimakamkam
c. Ribuan warga Jakarta turun ke jalan melepas kepergian almarhum mantan presiden Suharto
d. Ribuan warga Ibu Kota Jakarta turun ke jalan untuk melepas kepergian almarhum mantan presiden Suharto sebelum dibawa ke Solo untuk dimakamkam
4
16. Atraksi sirkus dewasa ini berawal pada tahun 1968, saat Philip Astley mempertunjukkan keterampilan menunggang kuda di London. Sebelumnya, sirkus hanya menampilkan atraksi jungkir balik dan melompat. Astley lalu menambahkan atraksi lain, membentuk sirkus serupa di Amerika Serikat. Sirkus ini berlangsung di bangunan khusus. Kemudian berkembang sirkus keliling dengan tenda, seperti sirkus Barnum dan Bailey.
Kalimat utama paragraf di atas terletak di....
a. Awal b. akhir
c. Tengah d. Awal dan akhir

17. Cara bumi berputar pada sumbunya memberikan perhitungan hari-hari berdasarkan kedudukan matahari dipandang dari segi berpijak di bumi. Perjalanan yang ditempuh bumi mengelilingi matahari memberikan perhitungan tahun berdasarkan letak matahari dipandang dari arah bumi. Kedua pengukuran waktu itu berasal dari ketentuan yang didasarkan pada gerakan yang dibuat oleh bumi. Dua satuan waktu utama, yaitu hari dan tahun, inilah yang kita pakai hingga sekarang.
Kalimat utama paragraf di atas terletak di....
a. Awal b. akhir
c. Tengah d. Awal dan akhir

18. Teks
Pada malam biasa, bulan bersinar lembut dengan cahaya matahari yang dipantulkannya. Akan tetapi, kalau bumi berada di antara bulan dan matahari, bayangan bumi akan jatuh pada satelitnya. Terjadilah gerhana bulan, ketika itu bulan seakan menghilang ke dalam kegelapan. Sebaliknya, bila bulan bergerak tepat diantara bumi dan matahari, suatu bayangan kecil bulan jatuh pada bumi. Pengamatan yang berada di bayangan itu akan melihat gerhana matahari, ketika itu matahari seolah-olah menghilang di balik piringan bulan.
Penyebab gerhana matahari adalah ....
a. bila bumi berada di antara bulan dan matahari.
b. bila bulan berada di antara bumi dan matahari.
c. Jika sinar matahari menyebar dengan cara tertentu.
d. Jika matahari ditutupi oleh lingkaran cahaya tipis.

19. Pada masa Chairil Anwar putus sekolah Ia mengisi waktunya dengan membaca sebanyak-banyaknya karya sastra. Selain itu, sebagai pelajar MULO ia menguasai tiga bahasa asing yaitu Belanda, Inggris, dan Jerman secara aktif. Dengan menguasai bahasa asing itulah ia berhasil menyadur dan menerjemahkan karya sastra asing. Akhirnya ia menjadi penyair yang semakin matang dan menyerahkan hampir seluruh perjalanan kehidupannya untuk sastra. Warisan karyanya tidak terbilang besar, tetapi ia telah mampu mengilhami kita untuk mengekspresikan pikiran, perasaan dan estetika dalam bahasa Indonesia yang penuh tenaga.

Mengapa Chairil Anwar berhasil menyadur dan menerjemahkan karya sastra asing ?
a. Karena ia seorang siswa yang cerdas dan berbakat menulis.
b. Karena waktu luangnya diisi dengan banyak membaca.
c. Karena ia seorang pelajar MULO.
d. Karena ia menguasai tiga bahasa asing.

20. Rudi suka membantu orang tuanya. Ia tidak membuang-buang waktu percuma. Waktu luang yang ada digunakan untuk membaca. Ia juga suka menolong orang yang membutuhkan. Rudi anak yang rajin.
Kalimat berita negatif yang terdapat pada paragraf di atas adalah
a. Rudi suka membantu orang tuanya
b. Ia tidak membuang-buang waktu percuma
c. Waktu luang yang ada digunakan untuk membaca
d. Ia juga suka menolong orang yang membutuhkan

5
21. Tabel Peminjaman buku sastra perpustakaan SMP Favorit Bulan Juli-Desember 2007

Buku Sastra Juli Agustus September November Desember
Puisi
25
30
15
45
20

Novel
90
100
75
115
95

Cerpen
65
70
60
65
66

Dongeng 50 50 45 58 41

Kesimpulan tabel di atas adalah tentang….
a. Peminjam buku puisi paling sedikit terjadi pada bulan November
b. Buku sastra yang paling banyak diminati adalah novel
c. Peminjaman buku sastra paling sedikit adalah cerpen
d. Peminjaman buku sastra terbanyak adalah dongeng

22. Tabel Angka Kredit Pelanggaran Siswa AKPS SMP Favorit Bulan Juli-Desember 2007

Jenis Pelanggaran Juli Agustus September Nopember Desember
Tidak berseragam 10 siswa 8 siswa 6 Siswa 4 siswa 2 siswa
Atribut tidak lengkap 20 siswa 10 siswa 30 siswa 15 siswa 5 siswa
Melecehkan guru 5 siswa 4 siswa 3 siswa 1 siswa Tidak ada
Meninggalkan pelajaran tanpa ijin 5 siswa 5 siswa 10 siswa 15 siswa 15 siswa
Tidak mengerjakan tugas 7 siswa 10 siswa 15 siswa 20 siswa 30 siswa

Berdasarkan tabel Angka Kredit Siswa SMP Favorit Bulan Juli-Desember 2007 terbanyak di atas, jenis pelanggaran yang mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik adalah....
a. Tidak berseragam b. Melecehkan guru
c. Atribut tidak lengkap d. Meninggalkan pelajaran

23. Berdasarkan tabel Angka Kredit Siswa SMP Favorit Bulan Juli-Desember 2007, jenis pelanggaran tidak mengerjakan tugas terjadi pada bulan....
a. Desember b. Agustus
c. Juli d. September

24. Jejak Pendapat Siswa SMP
Tentang Tawuran
97.00% benci tawuran
1 2
2.50% ragu-ragu
3
0.50 suka tawuran



6
Informasi yang disampaikan pada diagram di atas adalah....
a. 97.00% benci tawuran b. 0.50 suka tawuran
c. 2.50% ragu-ragu d. Hasil jejak pendapat siswa tentang tawuran
25.
Faktor Utama Memilih Busana


21 1 37.0% kesopanan
3 2. 21.0% harga
4 3. 16.0% corak dan bahan
7 4. 11.0% desain
5. 7.0% warna
5 6. 4.0% Mode yang sedang “in”
6 7. 4.0% merek



Berdasarkan diagram di atas, faktor yang paling penting untuk memilih busana adalah....
a. Harga b. Kesopanan
c. Mode yang sedang “in” d. Warna


II. Soal esay

1. Lengkapi dengan kata-kata yang menunjukkan waktu yang dihilangkan pada paragraf berikut!

Masa kanak-kanak, saya tinggal di desa. Saya merasa bahagia tinggal di sana. Kami pindah ke kota besar. Usia lima tahun, saya merasa kota besar begitu menakutkan. Beberapa bulan saya merasa kesepian. Tahun , saya genap berusia enam tahun dan mulai sekolah. Pertama, saya tidak mengenal satu pun anak yang ada di kelas, tetapi saya memiliki beberapa teman yang baik. , saya mulai merasa senang hidup di kota.

2. Tabel Berat Badan siswa SMP Darussalam :

Siswa Rata-rata Berat Badan (Kg)
Pria Wanita

Kelas VII 38 40
Kelas VIII 44 45
Kelas IX 46 48

Ubahlah tabel di atas dalam bentuk narasi !

7

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara menyilang huruf a, b, c, atau d pada lembar jawab !

I. Pilihan Ganda

1. “Saya juga turut berduka cita atas wafatnya bapak Suharto.” Kata Pak Sarmun disela-sela penjelasannya pada pelajaran bahasa Indonesia tepatnya pada materi Profil seorang tokoh.
Kalimat tidak langsung dari kalimat langsung di atas adalah....
a. Pak sarmun juga turut berduka cita atas wafatnya bapak Suharto
b. Pak Sarmun turut berduka cita atas wafatnya bapak Suharto
c. “Pak Sarmun mengatakan Bahwa Ia turut berduka cita atas wafatnya bapak Suharto”
d. Pak Sarmun mengatakan Bahwa Ia turut berduka cita atas wafatnya bapak Suharto

2. Sani berteriak sambil melonjak kegirangan melihat letupan kembang api raksasa dan bertanya apakah saya sudah pernah melihatnya.
Disediakan kalimat tak langsung, siswa mampu menentukan kalimat langsung

a. “Wauw Asyik....! Pernahkah kamu melihat kembang api saksasa ini?” Tanya Sani kepada saya
b. “San, Pernahkah kamu melihat kembang api saksasa ini?” Tanya Sani kepadaku
c. Sani berkata “Pernahkah kamu melihat kembang api raksasa itu?”
d. Sani bertanya apakah saya pernah melihat kembang api raksasa itu.

3. Awalnya ketika aku berangkat ke sekolah, aku minta Ibu nganter aku. Aku meminta ibu untuk nemenin aku sampai ke kelas. Namun ketika itu, seluruh penghuni SMP yang ngliat aku seperti menatapku seperti melihat mahluk aneh. Aku menjadi kikuk dan tersipu malu seraya menutupi wajahku. Sejak peristiwa itu, hari-hari berikutnya hingga sekarang aku tak mau meminta dianter lagi.

Dari paragraf di atas, kata-kata yang tidak baku secara berturut-turut adalah....
a. nemenin, ngliat, kikuk, dianter
b. minta, nemenin, ngliat, kikuk, dianter
c. minta, nganter, nemenin, ngliat, dianter
d. minta, nemenin, ngliat, kikuk, dianter, hingga

4. Liburan akhir semester sekolahku melaksanakan studi wisata ke Jakarta. Kami berangkat dengan 5 bus pariwisata. Tepat pukul 18.00 WIB rombongan kami berangkat. Aku merasa senang sekali. Aku terkejut ketika Bu Ida bertanya, ”Minumlah antimo agar tidak pusing!”. Tanpa menolak seketika itu juga aku pun minum antimo.

Kalimat langsung yang terdapat pada paragraf di atas adalah ....
a. Liburan akhir semester sekolahku melaksanakan studi wisata ke Jakarta
b. Aku terkejut ketika Bu Ida bertanya, ”Minumlah antimo agar tidak pusing!”
c. Tepat pukul 18.00 WIB rombongan kami berangkat
d. Tanpa menolak seketika itu juga aku pun minum antimo

5. Dinda : Apa yang membuat Bapak kerasan di tempat ini ?
Pak Hadi : Suasananya tenang, damai, dan udaranya segar.
Perubahan teks dialog di atas menjadi teks narasi yang tepat adalah ....
a. Pak Hadi, mengapa Bapak kerasan di tempat ini ? karena suasananya tenang, damai, dan udaranya segar.
b. Pak Hadi menjawab bahwa suasananya tenang, damai, dan udaranya segar ketika beliau ditanya Dinda mengapa kerasan di tempat ini.
c. Dinda menanyakan kepada Pak Hadi mengapa kerasan sebab suasananya tenang, damai, dan udaranya segar.
8
d. Dinda bertanya mengapa tempat ini membuat Pak Hadi kerasan karena tempat ini sangat menyenangkan Pak Hadi.

6. Dimas : Sejak kapan Ibu berjualan di sini ?
Pedagang : Baru kira-kira satu tahun, Dik.
Dimas : ..........................................................
Pedagang : Wah, tidak tentu, Dik. Kalau pas ramai bisa mencapai seratus ribu tetapi kalau sepi seperti ini paling lima puluh ribu.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks wawancara di atas adalah ....
a. Sebelum berjualan di sini, apakah Ibu pernah berjualan di tempat lain ?
b. Jam berapa Ibu mulai berjualan ?
c. Berapa modal yang Ibu butuhkan ?
d. Berapa penghasilan itu setiap hari ?

7.
1) Menyiapkan alat bantu
2) Menentukan topik
3) Memilih narasumber
4) Menyusun Daftar pertanyaan
5) Menyiapka alat tulis

Urutan persiapan wawancara di atas yang benar adalah
a. 1-2-3-4-5
b. 2-3-1-5-4
c. 2-3-5-1-4
d. 3-1-2-5-4

8. Berikut adalah hal yang harus diperhatikan dalam wawancara yang tepat adalah....

a. - Ucapkan salam b. - Kenakan pakaian yang rapi dan sopan
- Bertanya secara urut - Gunakan bahasa yang sopan
- Tulislah hasil wawancara - Jangan menyela pembicaraan
- Gunakan bahasa yang sopan - Tulislah hasil wawancara
c. - Siapkan alat bantu d. - Siapkan alat tulis
- Bertanya secara sopan - Siapkan alat perekam
- Pakailah bahasa yang sopan - Bertanya secara urut
- Tulis hasil wawancara - Tulis hasil wawancara

9.
Andi : ”Sudah berapa lama Bapak menjadi ketua koperasi di kantor ini ?”.
Pak Hasan : ”Sudah dua kali periode yang setiap periodenya mempunyai masa jabatan dua tahun, jadi sudah hampir empat tahun”.
Andi : ”Bagaimana tanggapan bapak terhadap pegawai di kantor ini dalam menjadi anggota koperasi ?”.
Pak Hasan : ”Hampir semua pegawai di kantor ini menjadi anggota koperasi. Lebih dari 90 % sudah masuk menjadi anggota koperasi. Mereka tidak meminjam uang ke bank tetapi di koperasi ini karena bunganya nanti akan kembali menjadi SHU para anggota. Koperasi di sini juga bergerak di bidang konsumsi yaitu menyediakan kebutuhan sehari-hari pada anggota. Memang koperasi banyak manfaatnya”.

Hal-hal penting yang dikemukakan oleh narasumber di atas adalah ....
a. Keuntungan koperasi bagi ketua koperasi.
b. Koperasi banyak manfaatnya bagi anggota.
c. Pak Hasan sudah menjadi ketua koperasi dua periode.
d. Koperasi selalu diikuti oleh pegawai kantor.

9
10. Rul, bsk saya tidak ke kampus.
Saya mengajar ke Fakultas Psikologi.
Kita ketemuan di sana aja.
Saya tunggu pk. 10 pagi.
Adi.


Isi pesan singkat di atas adalah....
a. Rul tidak tidak bisa ke kampus
b. Rul mengajark di Fakultas Psikologi.
c. Adi meminta bertemu dengan Rul di Fakultas Psikologi jam 10 pagi.
d. Rul meminta bertemu dengan Rul di Fakultas Psikologi jam 10 pagi.

11. Siswa menentukan sistimatika pesan singkat

1. tanggal penulisan
2. penulis memo
3. kepala memo
4. pihak yang dituju
5. isi memo
6. identitas jabatan
7. tanda tangan
8. nama penulis

Sistimatika penulisan memo yang tepat dari pernyataan di atas adalah....
a. 3-2-4-5-1-6-7-8
b. 4-3-5-2-1-6-7-8
c. 5-4-3-7-1-2-7-8
d 2-3-4-5-8-6-7-1

12. “Oh Bapak tidak ada.... Begini, Dik, bisa titip pesan untuk Bapak.... Tolong sampaikan, ada pertemuan tanggal 17 bulan ini, di Bidakara, ruang Arjuna, mulai pukul delapan.... katakan dari Pak Wahyu.... Oh, ya, kalau kurang jelas, telepon 08001401999. Bagaimana..., cukup jelas? Terima kasih.... Selamat sore.

Pesan dari Penelepon di atas ketika kamu tulis dalam bentuk pesan singkat ke pada ayahmu adalah
a. Pak,
Pak Wahyu tadi nelepon.
Ada pertemuan tanggal 17 bulan ini,
di Bidakara, ruang Arjuna,
mulai pukul delapan. katakan dari Pak Wahyu
Oh, ya, kalau kurang jelas, telepon 08001401999
b. Pak,
ada pesan dari Pak Wahyu.
Ada pertemuan tanggal 17 bulan ini,
di Bidakara, ruang Arjuna, mulai pukul delapan.
Kalau kurang jelas, hubungi 08001401999.
c. Bapak,
Ada pesan dari Pak Wahyu.
Ada pertemuan tanggal 17 bulan ini,
di Bidakara, ruang Arjuna, mulai pukul delapan.
Kalau kurang jelas, hubungi 08001401999.

Putrimu.


10
d. Pak Wahyu tadi nelepon.
Ada pertemuan tanggal 17 bulan ini,
di Bidakara, ruang Arjuna, mulai pukul delapan.
Oh, ya, kalau kurang jelas, telepon 08001401999

13. Usai sekolah Andi langsung belajar kelompok di rumah teman. Padahal tadi pagi Ia tidak memberitahukan kepada Ibu kalau Ia akan belajar kelompok. Agar Ibu tidak gelisah menanti dirumah, Andi menulis pesan lalu dititipkan kepada adik kelas yang kebetulan tetangga dekatnya.

Pesan singkat yang tepat untuk ilusterasi di atas adalah....
a. Jangan khawatir, Bu. Saya pulang nanti sore. Saya kan sudah besar.
b. maaf, Bu. Saya belajar kelompok di rumah teman.
c. Ibu sebaiknya tidak mengkhawatirkan kepergian saya.
d. Maaf, Bu. Andi ada acara penting sehingga tidak langsung pulang.

14. Di bawah ini yang bukan merupakan cara menyampaikan pesan singkat adalah….
a. Melalui amplop
b. Melalui kertas
c. Melalui SMS
d. Melalui email
15. Bahasa yang dipakai dalam menulis pesan singkat adalah….
a. Singkat dan jelas
b. Efektif dan santun
c. Baku
d. Mengggunakan kata kunci

16. Pak Zainal minta bantuan tukang untuk memperbaiki kerusakan rumah, sebelum berangkat kerja dia meninggalkan pesan yang berisi apa saja yang harus dikerjakan tukang.

Penulisan pesan singkat berupa instruksi dari pernyataan di atas adalah....
a. b.










c. d.














11
17. ( 1 ) Tuhan telah menegurmu dengan cukup menahan kesabaran
Lewat gempa bumi yang berguncang
Deru angin yang meraung-raung kencang
Hujan dan banjir yang melintang
Adakah kau dengar ?

( 2 ) Kurasa
Alam semakin cemar
Mungkin malu
............................

( 3 ) Terbang
Terbanglah merpatiku
Menembus mega, menyongsong fajar
Kutitip sekeping rindu kepadamu
Bisikkan bersama hembusan angin

( 4 ) Sawah di bawah emas padu
Padi melambai, melalui terkulai
Naik suara salung serunai
Sejuk didengar mendamaikan kalbu

Puisi yang menggambarkan keindahan alam adalah ....
a. ( 1 ) c. ( 3 )
b. ( 2 ) d. ( 4

18.
Hijau Dalam Mimpi
Ketika dulu aku kecil
Hijau alam masih membentang luas
Ketika dulu aku kecil
Kicau burung masih bernyanyi bebas
.............................................
Karya S.S. Saputra

Suasana puisi di atas adalah ....
a. menyedihkan c. menyenangkan
b. memprihatinkan d. mengharukan


19. KAMBOJA BERGOYANG SEUSAI PEMAKAMAN
(Edi Romadhon)
...................................................................................

Pernah kau katakan betapapun terasa kita punya letih tak
bakalan terminal memberi henti seterusnya. Itu hanya istirah,
dimana acang-acang karena seribu jalan lagi telah menghadang.
Dan kita diharuskan buati sejarah jejak-jejak.

.......................................................................................
Rima awal puisi di atas terdapat pada kata....
a. pernah, seribu b. Memberi, menghadang
c. Terasa, terminal d. Punya, hanya




12
20. Kini
Alam kian tak ramah dan meranggas
Ataukah manusia yang kian tak puas
Hijau itu kini memudar dalam mimpi
Kicau itu kini menghilang dalam sepi

Rima akhir puisi di atas terdapat pada kata ....
a. alam – ataukah c. meranggas – puas
hijau – kicau mimpi – sepi

b. kini – kini d. kian – kian
memudar – menghilang dalam – dalam

21. Di bawah ini yang bukan merupakan aspek yang dinilai dalam membaca puisi adalah....
a. Gaya bahasa b. gaya
c. Ekspresi d. Vokal

22 Kening yang kutanam sedalam sajadah
Menciptakan hening di bibir pagi
Hingga air mata sesalku mengggenangi mighrab
Menggenangi masa lalu, hidup penuh dengan lumpur dan batu

a. a-b-a-b b. a-a-a-a
c. a-b-c-d d. a-a-b-b

23. Tatkala jerami fajar mengetuk celah jendela
Ketika ringkik malam hari mengerang
Benda yang tergolek cedera
Hanya mendapat guling diisi tersilang
Dia bisikkan panggilan anak hanya seorang
Pelan dia biarkan suara menghilang
Tiada jawaban tiada sahutan terdengar
Dinding jarang membukakan pintu

Majas personifikasi dalam bait pertama puisi di atas terletak pada ....
a. larik pertama dan kedua c. larik kedua dan ketiga
b. larik pertama dan ketiga d. larik kedua dan keempat

24. PROSA LIRIS ANAK-ANAK JAMAN
(Haryono Soekiran)

Lahir dengan lengkingan membeset dingin pagi
Anak manusia mulai menatap bumi semesta
Kedua matahari ibu mengayun-ayunkan badan
Waktu masih terlalu banyak dan panjang,
minum air susu perahan binatang
..........................................................

Citraan penglihatan pada puisi di atas terdapat pada....
a. Larik pertama c. Larik kedua
b. Larik ketiga d. Larik keempat

25. Citraan pendengaran puisi di atas terletak pada ....
a. bait pertama larik pertama dan bait kedua larik pertama
b. bait pertama larik kedua dan bait kedua larik pertama
c. bait pertama larik pertama dan bait kedua larik keempat
d. bait pertama larik kedua dan bait kedua larik keempat
13
II. Soal Esay

1. Buatlah pertanyaan untuk wawancara dengan tema Kebersihan Lingkungan di Desa.
2. Tulislah memo berdasarkan situasi berikut !
Usai sekolah Andra tidak langsung pulang sekolah. Ia akan berenang bersama teman-temannya tetapi lupa tidak minta ijin pada ibunya tadi pagi. Untung ada Reza, adik kelas yang kebetulan tetangganya. Andra menitipkan memo kepada Reza.
3. Tulislah sebuah puisi yang isinya berkenaan dengan keindahan alam !

Komentar

  1. Pak,tugas untuk 7C yang mana ? saya kurang jelas, karena ada dua tugas.(Raufia)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TAMPEL KELAS IX

LATIHAN UJIAN NASIONAL 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP

SOAL-SOAL BAHASA INDONESIA